Hagia Sophia

20 January 2023

Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Warna Lidah

Ilustrasi lidah (Foto: Thinkstock)

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Bagi sebagian orang, mungkin tidak menyadari kadar kolesterol tinggi karena kurangnya tanda yang mengkhawatirkan. Padahal, gejala kolesterol tinggi dari warna lidah dapat menjadi indikasi masalah kesehatan.

Meskipun makanan dan minuman tertentu menyebabkan perubahan warna pada lidah, bakteri di lidah dan beberapa kondisi medis seperti kadar kolesterol tinggi juga menjadi pemicu perubahan warna bagi lidah.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang bisa mengakibatkan komplikasi seperti stasis darah, atau kondisi di mana darah tertahan di satu tempat. Ternyata, hal ini bisa tercermin melalui perubahan warna lidah.

Ternyata, Gejala Kolesterol Tinggi dari Warna Lidah Adalah Warna Ungu Tua

Dalam jurnal medis 'Frontiers in Medicine', lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar, atau pembuluh darah yang mengalirkan darah di lidah merupakan tanda penting dari stasis darah.

"Ujung lidah berwarna ungu kebiruan atau ini mungkin bercak darah di ujungnya. Pembuluh darah sublingual berwarna gelap atau bengkok dan tebal," jelas Science Direct.

Stasis darah merupakan gejala kolesterol tinggi. Terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan. Hal ini berimbas pada kecepatan aliran darah yang berkurang, menyebabkan obstruksi parsial dan meningkatkan tekanan pembuluh darah.

Mengapa Warnanya Berubah?

Dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu berarti darah tidak bersirkulasi dengan baik di tubuh. Hal ini mungkin mengindikasikan darah gagal memberikan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Selain itu, tanda darah merah gelap menunjukkan kekurangan oksigen, berbeda dengan darah merah terang yang kaya oksigen beredar melalui arteri.

Penyebab Lain Lidah Berwarna Ungu

Selain kolesterol tinggi, beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah dapat menyebabkan perubahan warna ungu atau biru pada lidah.

Menurut Oral Cancer Foundation, kanker lidah mampu menghasilkan warna merah tua atau ungu pada permukaan dalam mulut. Lidah ungu atau kebiruan juga bisa menandakan kekurangan vitamin.

Beberapa kondisi yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah juga diakui sebagai penyebab perubahan warna ungu pada lidah, salah satunya sianosis sentral.

Sianosis sentral, memicu oksigenasi arteri yang buruk, cenderung mencerminkan masalah kesehatan seperti gagal jantung, atau emboli paru.

Lidah tentu saja tidak terbatas pada penggunaannya untuk mengecap dan merasa. Lidah berwarna ungu ternyata dapat menjadi indikasi gejala kolesterol tinggi dari warna lidah yang terlihat dari luar. Apalagi jika perubahan warna lidah tidak ada kaitannya dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cek Gejala Kolesterol Tinggi dari Warna Lidah"