Hagia Sophia

17 February 2023

Apa Penyebab Demensia Frontotemporal Seperti yang Diidap Bruce Willis?

Aktor legendaris Hollywood, Bruce Willis dikabarkan mengidap demensia frontotemporal. Ini kemungkinan penyebabnya. (Foto: Instagram@dobledebruce)

Aktor legendaris Hollywood, Bruce Willis dikabarkan mengidap demensia frontotemporal (FTD). Adapun kabar tersebut disampaikan oleh pihak keluarganya melalui laman Association for Frontotemporal Generation pada Kamis (16/2/2023).

"Sejak kami mengumumkan diagnosis afasia Bruce pada musim semi 2022, kondisi Bruce berkembang dan kami sekarang memiliki diagnosis lebih spesifik: demensia frontotemporal (FTD)," tulis pihak keluarga,dikutip Variety, Jumat (17/2).

"Sayangnya tantangan komunikasi hanya salah satu gejala dari penyakit yang dihadapi Bruce. Meski ini menyakitkan, kami lega karena akhirnya mendapat diagnosis yang jelas."

Keterangan itu juga disampaikan oleh Rumer Willis, putri pertama Bruce Willis, di media sosial sambil mengunggah foto sang ayah. Dalam unggahan itu, ia berterima kasih pada semua orang yang terus mendukung sang ayah.

Demensia frontotemporal (FTD) merupakan jenis demensia yang tak umum. Kondisi ini menyebabkan masalah dengan perilaku dan bahasa. Adapun demensia frontotemporal mempengaruhi bagian depan dan samping otak (lobus frontal dan temporal). Kondisi ini juga cenderung berkembang perlahan dan memburuk secara bertahap selama beberapa tahun.

Penyebab Demensia Frontotemporal

Demensia frontotemporal disebabkan oleh gumpalan protein abnormal yang terbentuk di dalam sel otak. Ini dianggap merusak sel dan menghentikannya bekerja dengan baik.

Adapun protein tersebut menumpuk di lobus frontal dan temporal otak di bagian depan dan samping. Bagian otak tersebut berfungsi mengendalikan bahasa, perilaku, dan kemampuan untuk merencanakan dan mengatur.

Tidak sepenuhnya dipahami mengapa hal ini terjadi, tetapi seringkali ada kaitan genetik. Sekitar 1 dari 8 orang yang mengalami demensia frontotemporal akan memiliki kerabat yang juga terkena kondisi tersebut.

Jika memiliki riwayat keluarga demensia frontotemporal, disarankan cek ke dokter sedini mungkin untuk mengetahui apakah Anda berisiko.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diidap Bruce Willis, Ini Kemungkinan Penyebab Demensia Frontotemporal"