Hagia Sophia

17 February 2023

Obat dan Makanan yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Terbukti Aman, dari Mana Cemaran EG-DEG?

Ilustrasi obat sirup. (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)

Kasus baru Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) kembali dilaporkan awal Januari 2023. Pasien mengalami gejala GGAPA yakni tidak buang air kecil dan sempat mengonsumsi obat sirup.

Labkesda DKI menemukan jejak cemaran etilen glikol dan dietilen glikol di darah pasien, muncul kekhawatiran pemicunya adalah obat sirup. Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) melaporkan, obat sirup yang dikonsumsi pasien baru tersebut aman dari cemaran etilen glikol dan dietilen glikol di luar ambang batas berdasarkan uji tujuh sampling.

Tak hanya itu, BPOM juga melakukan uji cemaran di bahan pangan yakni air minum hingga pangan yang dikonsumsi. Hasilnya tetap aman, tidak ada cemaran EG maupun DEG.

Lantas dari mana jejak EG dan DEG?

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia menyebut pemerintah bakal melakukan uji pembanding untuk menjawab perbedaan hasil antara Labkesda DKI dan BPOM RI.

"Dilakukan uji pembanding, dengan lab independen," kata dr Nadia saat dihubungi detikcom Kamis (16/2/2023).

"Menunggu BPOM juga ya," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pangan yang diuji samplingnya termasuk bubur organik hingga air minum isi ulang pasien.

"Kemudian mengembangkannya pada produk pangan untuk melihat penyebab ya, tanggal 11 Februari pada pangan yang diduga dikonsumsi pasien yaitu bubur organik, milna, dan biskuit regal, air minum isi ulang dengan hasil seluruhnya memenuhi syarat," terang Penny dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (15/2/2023).

Terpisah, pakar farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menyebut gagal ginjal akut bukanlah penyakit baru. Tentu beragam pemicunya bisa disebabkan banyak faktor, baik dari riwayat sakit pasien hingga faktor eksternal.

Faktor internal pasien bisa meliputi penyakit yang diidap sebelumnya, riwayat penyakit bawaan, sifat sensitivitas pasien atau alergi, infeksi, status nutrisi, dan lain-lain. Sementara faktor eksternal bisa berasal dari paparan obat, makanan, toksikan tertentu, logam berat, dan lain-lain.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Obat-Makanan Dikonsumsi Pasien Baru Gagal Ginjal Aman, dari Mana Cemaran EG-DEG?"