Hagia Sophia

17 February 2023

Jakarta Tempati Urutan ke-29 Macet di Dunia

Foto: Pradita Utama

Pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tak sedikit warga mengeluhkan tingginya kemacetan di DKI Jakarta membuat stres meningkat.

Belum lagi Jakarta kembali masuk dalam daftar kota termacet di dunia. Dalam daftar kota termacet yang dirilis TomTom Traffic Index, Jakarta menempati posisi ke-29.

Praktisi Mindfulness, Adjie Santosoputro membagikan tips untuk mengurangi stres ketika macet melanda.

"Tips yang pertama dengan menata ulang jadwal, jadi kalau macet, 'aku perlu menata ulang nih', jadi hubungin orang-orang yang memang kena dampaknya karena macet itu," kata Adjie saat ditemui detikcom di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/23).

Ketika macet, muncul perasaan marah, jengkel, bercampur dengan rasa cemas dan khawatir. Karena itu, tips yang kedua bersifat internal, yakni menyadari napas sendiri (mindful breathing practice). Adjie menjelaskan jurus menyadari napas seringkali ia bagikan dan hal tersebut sangat efektif untuk mengurangi rasa cemas yang muncul.

"Ketika macet kan pasti ada rasa sebal, marah, jengkel, bercampur dengan rasa cemas mungkin (juga) khawatir, apalagi ditambah kalau lagi laper itu semakin nggak karuan. Tips paling simpel itu menyadari napas, itu jurus yang seringkali aku bagikan, dan itu efektif sekali," imbuhnya.

Saat macet, orang cenderung mendistraksi diri dengan mendengarkan musik atau bermain game. Itu bisa menjadi cara mengatasi stres. Hal tersebut mampu mendistraksi emosi akibat macet di jalan.

"Jadi lari dari distraksi kemacetan dengan mendistraksi diri, di awal mungkin bisa dengerin musik, main game, itu juga bisa dijadiin tips, cuma kalau di mindfulness, lebih mendalam lagi sebenarnya bukan mendistraksi diri kita dari emosi kita, karena musik, game, sosial media itu distraksi cara kita supaya lari dari emosi yang mestinya kita temuin," beber Adjie.

"Sayangnya ketika macet kan kita sering buka HP kan, dan HP itu bikin bising pikiran kita, jadi emosi kita semakin campur aduk, pikiran juga semakin nggak karuan, malah disarankan ketika macet ini letakkin dulu HP-nya, dan sadari napas," pungkasnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jakarta Kota Termacet Ke-29 Dunia, Pakar Meditasi Bagikan Tips Tangkal Stres di Jalan"