Hagia Sophia

04 February 2023

Aubameyang Tidak Ikut Perkuat Chelsea di Liga Champions

Aubameyang dipastikan absen di fase gugur Liga Champions musim ini. Foto: Getty Images/Clive Mason

Chelsea mencoret Pierre-Emerick Aubameyang dari skuad teranyar yang didaftarkan untuk fase gugur Liga Champions. Striker Gabon itu ditepikan untuk memberi tempat kepada para pemain baru.

Setiap tim di Liga Champions hanya diizinkan memakai 25 pemain senior dalam fase grup, tanpa menghitung para jebolan akademi. Musim ini, Chelsea sudah menggunakan 24 pemain.

Begitu memasuki fase gugur, tiap tim hanya dibolehkan mendaftarkan tiga pemain baru yang direkrut pada bursa transfer Januari. Namun Chelsea hanya melepas Jorginho di musim dingin kali ini.

Artinya, jumlah pemain yang tersisa dalam skuad ada 23 orang. Padahal Chelsea ingin mendaftarkan Enzo Fernandez, Joao Felix, dan Mykhailo Mudryk. Jika semua pemain di atas ikut dihitung, maka slotnya akan menjadi 26 orang.

Di sinilah Aubameyang menjadi 'tumbal'. Pencoretan yang dilakukan terhadapnya bertujuan agar skuad Chelsea kembali menjadi 25 orang, seperti aturan yang sudah ditetapkan di Liga Champions.

Tak hanya Aubameyang, Benoit Badiashile yang baru direkrut seharga 35 juta Pound dari AS Monaco pada bulan lalu juga dicoret. Meski begitu, keduanya tetap didaftarkan di skuad Liga Inggris.

Hal itu bisa dilakukan sebab di kancah domestik tak ada pembatasan terkait jumlah pemain yang boleh didaftarkan di tengah musim ini. Manajer The Blues, Graham Potter, mengaku keputusan yang diambil tidaklah mudah.

"Akan ada sejumlah pertanyaan dan perbincangan yang canggung karena hanya 11 orang yang bisa bermain, dan jumlah skuad pun dibatasi," ujar Potter, dikutip Sky Sports.

"Jadi ini tentang kejujuran, keterbukaan, rasa hormat dan juga sikap transparan. Kami harus menciptakan lingkungan di mana kamu menghormati para pemain yang ingin bermain dan juga mereka yang ingin bersaing dan membantu tim," jelasnya.

Chelsea akan berjumpa Borussia Dortmund di babak 16 besar. Leg pertama akan digelar di Dortmund pada 16 Februari, sedangkan leg kedua akan berlangsung di London pada 8 Maret mendatang.

Skuad terbaru Chelsea di Liga Champions musim ini:
  • Kiper: Kepa Arrizabalaga, Marcus Bettinelli, Edouard Mendy
  • Bek: Thiago Silva, Trevoh Chalobah, Ben Chilwell, Reece James, Kalidou Koulibaly, Cesar Azpilicueta, Marc Cucurella, Wesley Fofana
  • Gelandang: Enzo Fernandez, N'Golo Kante, Mateo Kovacic, Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek, Raheem Sterling, Mason Mount, Denis Zakaria, Hakim Ziyech, Conor Gallagher, Carney Chukwuemeka, Charlie Webster*, Lewis Hall*
  • Penyerang: Joao Felix, Mykhailo Mudryk, Armando Broja*, Kai Havertz

Keterangan: tanda (*) menandakan pemain akademi.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Coret Aubameyang dari Skuad Liga Champions!"