Hagia Sophia

04 February 2023

Ini Perbedaan Tumor dengan Kanker Payudara

Kenali beda gejala tumor dan kanker payudara. (Foto: Shutterstock)

Komedian Nunung baru saja mengabarkan dirinya divonis mengidap kanker payudara. Ia sudah menjalani biopsi dan tengah menunggu hasil pemeriksaan jaringan kankernya itu.

"Sakit sih sudah mulai kerasa sakit banget apalagi habis di biopsi kemarin sakitnya minta ampun. Kan dibiopsi disuntik tengahnya 3 kali kan, disuntik untuk bius lokalnya itu, aku disuntik itu aku langsung wah teriak-teriak sejadi-jadinya disuntik," ungkap Nunung saat ditemui di Trans TV, Kamis (2/2).

Awalnya, wanita berusia 56 tahun itu bercerita merasa ada benjolan di sekitar ketiaknya. Setelah dicek, benjolan itu ternyata mengarah ke kanker payudara.

"Aku ada curiga karena keluarga aku ada genetik cancer, ibu, bapak sama kakak, dia sama kayak saya," kata Nunung.

Benjolan pada payudara kerap dikaitkan dengan penyakit kanker payudara. Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker dan mematikan.

Kanker perlu dibedakan dengan tumor. Secara umum, tumor adalah benjolan yang disebabkan oleh peradangan, metabolik, atau sel-sel baru.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut perbedaan tumor payudara dan kanker payudara yang perlu diketahui.

Rasa Nyeri

Perbedaan tumor dan kanker payudara dapat terlihat dari ada tidaknya sensai nyeri ketika benjolan dipegang. Tumor payudara umumnya tidak terasa nyeri, berbeda dengan kanker yang bisa menimbulkan rasa nyeri.

Tepi Benjolan

Pada benjolan tumor jinak payudara akan terlihat jelas bentuk dan tepiannya saat diraba. Sedangkan kanker payudara, biasanya tepinya tidak jelas dan permukaan benjolannya tidak halus atau rata.

Kecepatan Pertumbuhan

Tumor payudara umumnya tidak berkembang dengan cepat dan ukurannya relatif sama dari waktu ke waktu. Benjolan ini bisa saja hilang saat periode haid berlalu dan dapat muncul pada periode haid berikutnya.

Sementara kanker payudara, pada awalnya benjolan berukuran kecil. Namun seiring berjalannya waktu, ukurannya bisa menjadi besar dan menonjol.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Tumor dan Kanker Payudara, Gejalanya Jangan Disepelekan"