Hagia Sophia

04 February 2023

Cerita Menkes Tentang Orang Tuanya yang Meninggal Akibat Kanker

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menceritakan kisah orang tuanya terkena penyakit kanker. Ia mengungkapkan, kedua orang tua dan ibu mertuanya meninggal akibat penyakit yang mematikan itu.

Diceritakan Budi, ayahnya sempat mengidap dua kanker. Jenis kanker yang pertama kali diidap ayahnya adalah non-hodgkin lymphoma atau lymphoma non-hodgkin (LNH). Kanker jenis ini terjadi karena ada pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam sistem limfatik.

"Kanker sangat dekat dengan hati saya karena orang tua saya meninggal dan ibu mertua saya meninggal juga karena kanker," ucapnya saat ditemui di Jakarta Barat, Jumat (3/2/2023).

Budi mengungkapkan, sang ayah sempat dinyatakan sembuh dari penyakit itu. Namun berselang 10 tahun kemudian, ayahnya terkena kanker dengan jenis multiple myeloma. Adapun kanker ini terbentuk dalam sejenis sel darah putih yang disebut sel plasma.

"Yang saya sangat ingat benar karena saya satu-satunya di keluarga yang selalu menjaga ayah dan ibu saya," tuturnya lagi.

Selain ayah, ibu kandung Menkes Budi juga meninggal akibat kanker paru-paru. Termasuk juga dengan ibu mertuanya yang terkena kanker payudara.

Melihat hal ini, Menkes menyadari bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang termasuk menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Itu sebabnya dia mengimbau masyarakat untuk selalu sadari sejak dini agar penyakit tersebut dapat ditangani segera mungkin.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Ceritakan Momen Kedua Orang Tuanya Meninggal karena Kanker"