Hagia Sophia

29 April 2023

Celine Dion Dikabarkan Idap Penyakit Saraf Langka

Kabar terbaru Celine Dion yang mengidap penyakit saraf langka. (Foto: Instagram @celinedion)

Celine Dion membagikan kabar terbarunya pasca didiagnosis mengidap penyakit saraf langka. Penyakit yang diidapnya merupakan kelainan neurologis langka yang menyebabkan kesulitan fisik, termasuk kejang otot dan juga membuatnya sulit bernyanyi.

Tiga bulan setelah mengumumkan penyakit stiff person syndrome yang diidapnya, Celine Dion mengabarkan akan merilis lagu baru dan debut layar lebar pada sebuah film romance-comedy yang berjudul 'Love Again' dan akan memerankan sosok dirinya sendiri, sebagai seorang Celine Dion.

'Love Again' merupakan lagu yang dibuat untuk soundtrack dari film mendatang yang dibintangi oleh Priyanka Chopra Jonas dan Sam Heughan. Melalui unggahan Instagram pribadinya, Dion juga mengumumkan perilisan album yang nantinya akan memuat lima lagu baru lainnya pada 12 Mei mendatang.

Celine Dion sempat mengejutkan para penggemarnya setelah mengungkap kondisi kesehatannya. Dia juga bahkan harus membatalkan konsernya setelah didiagnosis mengidap penyakit saraf langka.

"Saya telah berurusan dengan masalah kesehatan saya untuk waktu yang lama dan sangat sulit bagi saya untuk menghadapi tantangan ini dan membicarakan semua yang telah saya alami. Baru-baru ini, saya telah didiagnosis dengan kelainan neurologis yang sangat langka yang disebut sindrom orang kaku, yang memengaruhi sekitar satu dari sejuta orang," katanya waktu itu.

Penyakit ini adalah penyakit saraf langka yang membuat tubuh menjadi sensitif terhadap sentuhan, suara, dan tekanan emosional, serta dapat menyebabkan kekakuan otot hingga kejang otot.

Ia juga mengungkap bahwa dirinya sedang berusaha keras menjalankan berbagai pengobatan dan terapi setiap hari untuk bisa kembali tampil di atas panggung.

"Gangguan itu menyebabkan kejang otot dan membuat saya tidak bisa menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti sebelumnya," ucap Celine Dion dalam video yang diunggahnya.

Tentang Stiff Person Syndrome

Stiff person syndrome atau sindrom orang kaku yang diidap Celine Dion merupakan kondisi neurologis langka yang ditandai dengan kram, kejang otot, ataupun gabungan keduanya.

Menurut National Institute for Neurological Disorders, penyakit ini biasanya membuat pengidapnya merasakan kekakuan otot yang berfluktuasi di batang tubuh dan tungkai dan kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan seperti kebisingan, sentuhan, dan tekanan emosional, yang dapat memicu kejang otot.

"Postur abnormal, sering membungkuk dan kaku, merupakan karakteristik dari gangguan tersebut," catat mereka.

Orang yang mengidap penyakit ini seperti Celine Dion bisa terlalu sulit untuk berjalan atau bergerak, atau mereka takut keluar rumah karena suara jalanan, seperti suara klakson, bisa memicu kejang dan jatuh. Selain itu banyak pengidap stiff person syndrome sering jatuh dan karena mereka kekurangan refleks defensif yang normal dan memicu cedera parah.

Meskipun tidak ada obat untuk kondisi ini, ada perawatan termasuk obat anti-kecemasan dan pelemas otot, yang dapat mengurangi gejala penyakit tersebut.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kabar Terbaru Celine Dion usai Didiagnosis Idap Penyakit Saraf Langka"