Hagia Sophia

29 April 2023

Indomie Ditarik di Taiwan, Apakah Fungsi Etilen Glikol di Mi Instan?

Fungsi etilen oksida di produk mi instan. Foto: Thinkstock

Produk mi instan Indomie dengan varian Rasa Ayam Spesial ditarik di Taiwan lantaran ditemukan mengandung etilen oksida melebihi batas. Senyawa tersebut diketahui bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Lantas demikian, apa sebenarnya efek kandung etilen oksida pada mi instan? Seperti apa fungsinya?

Dari inspeksi acak, Departemen Kesehatan Taipei, Taiwan, menemukan bahan tersebut pada dua produk. Selain pada Indomie, zat tersebut juga ditemukan pada mi instan asal Malaysia Ah Lai White Curry Noodles. Pada bumbu mi instan produk Indonesia, ditemukan kandungan 0,187mg/kg etilen oksida. Sedangkan pada saus mi instan dari Malaysia, ditemukan sebanyak 0,065mg/kg etilen oksida.

Pakar farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Zullies Ikawati menjelaskan, kandungan etilen oksida pada produk mi instan sebenarnya hanya bersifat sisaan (residu), bukan ditambahkan secara langsung misalnya untuk mengubah rasa atau mengawetkan.

"(Etilen oksida) bukan sesuatu yang bisa ditambahkan. Jadi itu sifatnya semacam residu saja, sisa begitu. Karena dalam proses misalnya dalam proses produksinya atau dari penyimpanan untuk mencegah bakteri dan sebagainya, maka dikasih disterilisasi maka itu tersisa. Makanya istilahnya residu, bukan sebagai bahan yang ditambahkan," terangnya dalam siaran detikPagi, Jumat (28/4/2023).

Dengan begitu, kandungan etilen oksida pada produk mi instan sebenarnya sangat kecil. Namun benar jika kadarnya melebihi batas, dapat memicu sederet efek pada tubuh, termasuk risiko kanker.

"Makanya jumlahnya itu pun sebenarnya sangat kecil. Dan semua negara sepakat bahwa itu adalah bahan berbahaya atau karsinogen, maka ada batas maksimalnya," beber Prof Zullies.

"Sehingga artinya apa? Kalau di atas batas itu, ada kemungkinan potensi bahaya. Tetapi kalau sedikit saja, mungkin masih aman walaupun ada. Karena mungkin in certain level kita nggak bisa benar-benar menghilangkan sama sekali residunya," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Picu Penarikan Indomie di Taiwan, Pakar Jelaskan Fungsi Etilen Oksida di Mi Instan"