Hagia Sophia

29 April 2023

Usai Konsumsi Makanan Berlemak Saat Lebaran, Ini Tips Turunkan Kolesterol Tinggi

Tips menurunkan kolesterol tinggi pasca kalap makan daging dan makanan berlemak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008)

Pasca Lebaran, salah satu masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan adalah kolesterol tinggi. Ini dikaitkan dengan mengkonsumsi makanan yang berlemak selama Lebaran, seperti daging, makanan bersantan, bahkan makanan manis.

Umumnya, kolesterol tidak selalu buruk untuk kesehatan. Tetapi, ini akan menjadi berbahaya jika kadar kolesterol terlalu banyak di dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah hingga mengganggu fungsi organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, dan otak.

"Dalam jangka panjang, masalah pembuluh darah ini dapat memicu serangan jantung atau stroke jika endapan pecah dan menyebabkan gumpalan darah yang menghentikan aliran darah sepenuhnya," jelas dokter spesialis penyakit dalam dr Aldrich Kurniawan Liemarto, SpPD, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (27/4/2023).

Terkait gejalanya, belum ada penelitian yang menemukan gejala kolesterol tinggi secara spesifik. Kadar kolesterol hanya dapat dilihat melalui tes darah, sebab seseorang bisa saja memiliki kadar kolesterol yang berlebihan tanpa sadar karena tidak ada gejala fisik.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang mungkin berpikir dengan menggunakan obat salah satunya simvastatin. Meski memang termasuk obat kolesterol, tetapi obat ini tidak bisa menurunkan kadar kolesterol secara cepat atau mencegahnya terjadi.

Selain menggunakan obat-obatan, adapun beberapa cara yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, yakni:
  • Mengganti makanan kaya lemak jenuh dan trans seperti sosis, kue, biskuit, daging berlemak, serta gorengan. Ini bisa diganti dengan makanan tanpa lemak jenuh seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Untuk menggoreng, bisa menggunakan minyak yang terbuat dari biji bunga matahari yang lebih kaya lemak sehat.
  • Menjaga berat badan yang sehat dengan menerapkan pola makan gizi seimbang.
  • Pastikan ada buah dan sayur dalam seporsi makanan, serta harus ada bahan pangan tinggi serat dan protein dalam makanan alih-alih cuma karbohidrat.
  • Tinggalkan kebiasaan yang buruk buat kesehatan seperti merokok, baik rokok tembakau maupun rokok elektrik atau vape.
  • Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit tiap hari selama 5 hari per minggu.
  • Menerapkan gaya hidup aktif agar tubuh selalu prima.
  • Mengendalikan stres agar tidak sampai mengganggu kehidupan, bisa dengan mengikuti program yoga, meditasi untuk menenangkan pikiran, dan jika diperlukan bisa berkonsultasi dengan psikolog.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Turunkan Kolesterol Tanpa Menyiksa Pasca Kalap Daging saat Lebaran"