Hagia Sophia

29 April 2023

Nassar Alami Radang Pernapasan, Diminta untuk Jauhi Perokok

Pedangdut King Nassar menjalani perawatan di rumah sakit. Foto: Instagram @kingnassar88

Pedangdut 'King' Nassar telah dipulangkan ke rumah setelah menjalani perawatan di rumah sakit imbas mengalami peradangan pada pernapasan. Pasca kepulangannya, Nassar diminta untuk menghindari paparan asap rokok.

Lebih lagi, Nassar diminta untuk sering mengenakan masker. Tujuannya, menghindari paparan polusi udara dan bakteri dari luar.

"Aku nggak boleh dekat sama polusi, bakteri, nggak boleh deket sama yang ngerokok, terus nggak boleh sama yang nge-vape, apa. Pokoknya yang polusi yang bakteri itu pokoknya aku tidak boleh," ujarnya saat ditemui di kediamannya, kawasan Bogor, Jawa Barat, dikutip dari detikHot, Jumat (28/4/2023).

Selain itu, seiring pengobatan yang dijalaninya, Nassar juga mengalami penurunan berat badan yang drastis.

"Dua minggu terakhir aku sebelum pulang dari rumah sakit itu aku nggak boleh terima tamu sama sekali karena kata dokter nggak boleh. Kemarin mah nggak ada suaranya ya, berat badan turun karena mungkin ya memang orang habis sakit ya. Jadi sekarang lagi pemulihan. Ini aja nih (bibir) bekas panas dari obat karena lama ya, dikasih obat jadi mungkin pecah, panas gitu," beber Nassar.

Bahaya Paparan Asap Rokok

Dikutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang yang tidak merokok namun terpapar asap rokok atau disebut sebagai perokok pasif juga berisiko mengalami masalah kesehatan. Di antaranya berupa:
  • Penyakit jantung koroner
  • Stroke
  • Kanker paru-paru
  • Masalah reproduksi pada wanita
  • Infeksi pernapasan
  • Infeksi pada telinga
Pada dasarnya, tidak ada tingkat paparan asap rokok yang aman. Orang yang tidak merokok namun terpapar asap rokok, bahkan untuk waktu yang singkat, juga berisiko menderita efek kesehatan berbahaya.

"Efek dari paparan asap rokok pada tubuh bersifat langsung. Paparan asap rokok dapat menghasilkan efek peradangan dan pernafasan yang berbahaya dalam waktu 60 menit setelah paparan yang dapat bertahan setidaknya tiga jam setelah paparan," tertera dalam laman tersebut.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nassar Curhat Jauhi Perokok usai Alami Radang Pernapasan"