Hagia Sophia

05 July 2023

Banyak Pemain Dilepas Chelsea, Siapakah yang Paling Disesali?

Chelsea melepas banyak pemain musim panas ini. (Foto: Chelsea FC via Getty Images/Chris Lee - Chelsea FC)

Chelsea melepas banyak pemain di musim panas ini. Di antara nama-nama yang dilepas, siapa yang akan jadi kehilangan terbesar The Blues?

Dari deretan pemain yang dilepas Chelsea, di antaranya adalah N'Golo Kante, Ruben Loftus-Cheek, Kai Havertz, Edouard Mendy, Mateo Kovacic, dan Kalidou Koulibaly. Sementara Mason Mount juga selangkah lagi bergabung dengan Manchester United.

Pelepasan pemain besar-besaran ini tak terlepas dari langkah Chelsea mereset proyek, usai menunjuk Mauricio Pochettino sebagai manajer anyar. Selain itu, mereka memang butuh mengurangi jumlah pemain setelah musim lalu merekrut 17 pemain baru dan mengeluarkan lebih dari 600 juta paun untuk transfer.

Mantan bek Chelsea Glen Johnson menyebut satu nama yang diperkirakan bakal jadi kehilangan terbesar tim. Ia adalah Mateo Kovacic, yang dijual ke Manchester City seharga 25 juta paun.

Sebab Kovacic diyakini tak akan cuma meningkatkan level Manchester City, tapi juga akan mengembangkan kemampuan dirinya.

"Saya rasa dia akan jadi kehilangan terbesar buat Chelsea musim panas ini. Mereka mendapatkan uang yang bagus dari penjualannya, tapi mereka menjualnya ke tim yang lebih baik dan dia akan berkembang," ungkap Johnson dikutip Metro.

"Jelas itu keputusan sulit buat Chelsea untuk menjualnya ke City, tapi dia akan berkembang pesat di Manchester City karena dia bakal dikelilingi oleh pemain-pemain kelas dunia, dan dia sendiri itu sudah kelas dunia. Itu bisnis yang sangat bagus dari Manchester City."

"Mereka punya pemain-pemain berkualitas top di semua posisi, jadi Kovacic bahkan enggak perlu jadi gelandang sapu jagat. Dia cuma perlu jadi batu pengganjal buat mereka di lini tengah dan memainkan bola ke rekan kelas dunianya yang ada di sebelahnya," tambahnya.

Sejauh ini, Chelsea mengalokasikan uang untuk merekrut penyerang-penyerang muda seperti Nicolas Jackson dan Christopher Nkunku. Keduanya sama-sama tak punya pengalaman di Liga Inggris.

"Akan memalukan buat Chelsea kalau para pemain yang mereka jual berkembang di para rival Premier League dan akan lebih memalukan lagi kalau pemain-pemain yang mereka rekrut dengan harga besar tak berhasil," cetus mantan bek kanan itu.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Lepas Banyak Pemain, Siapa yang Akan Paling Disesali?"