Hagia Sophia

05 July 2023

Ini yang Membuat Kopi Diyakini Bisa Tingkatkan Produktivitas Menurut Ahli Gizi

Ilustrasi kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Beberapa orang terbiasa minum kopi di pagi hari untuk mengawali hari. Mereka percaya, dengan 'boost' kopi, produktivitas mereka sepanjang hari bakal meroket. Sebenarnya bagaimana penjelasan medisnya?

Ahli Nutrisi Diet di Staten Island University Hospital, New York, Armargo Couture menjelaskan asupan kopi memang bisa meningkatkan kemampuan memori seseorang. Karena itulah, seseorang mungkin merasa lebih termotivasi dalam bekerja setelah meminum kopi.

"Minum kopi meningkatkan kontrol eksekutif subjek yang berarti kopi dapat bermanfaat bagi pola pikir Anda menuju tujuan sambil meningkatkan memori kerja dan kognisi seseorang," kata Couture dikutip dari Medical News Today, Selasa (4/7/2023).

"Bagi mereka yang mengalami disfungsi eksekutif, minum kopi dapat bermanfaat bagi Anda dengan meningkatkan motivasi dan memori kerja Anda," sambungnya.

Apa yang Bikin Kopi Bikin Konsentrasi 'On' Terus?

Couture menjelaskan, efek kopi tersebut mungkin juga timbul karena ada senyawa lain dalam secangkir kopi. Karena itulah, beberapa orang meyakini bahwa kunci untuk memulai hari yang produktif adalah dengan mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari.

"Komponen kopi, seperti terpen cafestol dan kahweol, dan polifenol seperti asam klorogenat, berinteraksi dengan berbagai reseptor otak untuk meningkatkan energi, meningkatkan suasana hati, dan memberi kita pola pikir yang termotivasi," jelasnya.

"Terpen dan polifenol dalam kopi telah diteliti dan terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko depresi juga," pungkas Couture.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantesan Bikin Fokus Makin 'On'! Ini Kata Ahli Gizi soal Kandungan Kopi"