Hagia Sophia

05 July 2023

Waspadai Bila Ada Benjolan di Sendi, Jangan Diurut

Ilustrasi. Foto: iStock

Osteosarkoma adalah salah satu jenis kanker tulang yang kerap dialami oleh anak-anak dan remaja. Kasus osteosarkoma umumnya terjadi pada anak berusia 10-20 tahun.

Walaupun jumlah kasus osteosarkoma terbilang jarang, namun kanker tulang jenis ini menjadi salah satu yang paling agresif dan mudah menyebar.

Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (PABOI) Prof DR Dr Ferdiansyah, SpOT(K) menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada penyebab pasti dari penyakit kanker tulang sehingga pencegahannya sulit dilakukan.

Oleh karena itu, deteksi dini sangat penting untuk dilakukan agar penanganan efektif dapat dilakukan segera sebelum kondisi kanker tulang menjadi makin parah.

"Kanker tulang ini tidak bisa dicegah ya karena belum jelas penyebab pastinya. Oleh karena itu deteksi dini itu sangatlah penting," ucap Prof Ferdiansyah dalam sebuah konferensi pers, Selasa (4/7/2023).

"Bisa disebabkan faktor genetik, faktor lingkungan, adanya polusi, dan jangan lupa banyak makan makanan cepat saji juga bisa mengandung karsinogen," sambungnya.

Lebih lanjut, Prof Ferdiansyah menjabarkan beberapa langkah deteksi dini yang bisa dilakukan orang tua pada anak. Menurutnya gejala awal yang bisa muncul dari penyakit kanker tulang adalah nyeri tanpa sebab, disertai benjolan yang umumnya muncul di sendi atau tulang.

"Gejalanya itu ada dua, yaitu nyeri tanpa sebab dan benjolan yang muncul. Kalau ada gejala seperti itu segera pergi ke dokter dan jangan ke tukang urut," ucap Prof Ferdiansyah.

"Biasanya nyeri yang timbul itu susah hilang walau sudah diterapi kalau kanker tulang. Jadi harus segera diperiksakan ke dokter," jelasnya.

Prof Ferdiansyah mengatakan bahwa jika kaki terlanjur diurut, ada kemungkinan tumor justru membesar dan menyebar.

"Kalau terlanjur diurut kita harus pembelajaran ke masyarakat, kalau ada kanker ini jangan diurut," kata Prof Ferdiansyah.

"Ini ada dua akibat, akibat pertama dia bisa menyebar ke tempat lain atau tumornya makin membesar," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ada Benjolan di Sendi? Jangan Sembarangan Diurut, Bisa Sefatal Ini Efeknya"