Hagia Sophia

18 July 2023

Cerita Pria yang Terdampar 2 Bulan di Laut Bersama Anjingnya

Ilustrasi. Foto: iStock

Seorang pria asal Australia bernama Tim Shaddock berhasil bertahan hidup di lautan Samudra Pasifik, setelah terdampar selama lebih dari dua bulan bersama seekor anjingnya. Bagaimana kisahnya?

Awal mulanya, Shaddock bersama anjingnya, Bella, meninggalkan Meksiko menuju Polinesia Prancis pada April lalu. Shaddock memulai perjalanannya lebih dari 6.000 km (3.728 mil) dari kota Meksiko La Paz.

Namun di tengah perjalanan, perahu mereka rusak akibat badai. Ditambah, elektronik kapalnya terputus akibat cuaca buruk sehingga Shaddock hanyut di lautan Pasifik Utara selama berbulan-bulan.

Di tengah situasi tersebut, Shaddock dan anjingnya bertahan hidup dengan memakan ikan mentah dan minum air hujan. Apalagi mengingat, tempatnya terdampar adalah lautan Pasifik Utara yang terkenal luas dan berbahaya.

Selain itu, Shaddock mengaku, dirinya bersama Bella terselamatkan berkat alat tangkap yang membantunya bertahan hidup. Ia juga berusaha menghindari sengatan matahari dengan berlindung cara di bawah kanopi perahunya.

"Saya telah melalui cobaan yang sangat sulit di laut," ungkap Shaddock dikutip dari BBC, Senin (17/7/2023).

Shaddock kemudian diselamatkan di lepas pantai Meksiko setelah helikopter yang menemani kapal pukat tuna melihat katamaran mereka yang rusak. Setelahnya, Shaddock menjalani pemeriksaan medis dan akan menjalani lebih banyak perawatan jika diperlukan.

"Saya hanya butuh istirahat dan makanan enak karena saya sudah lama sendirian di laut. Kalau tidak, saya dalam keadaan sehat," bebernya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Awal Mula Pria Terdampar 2 Bulan di Laut, Begini Caranya Bertahan Hidup"