Hagia Sophia

18 July 2023

Beberapa Penyebab Darah Rendah dan Cara Atasinya

Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock

Penyebab darah rendah atau tekanan darah rendah yang dialami oleh individu disebabkan oleh berbagai hal. Tekanan darah rendah atau hipotensi dipengaruhi oleh gaya hidup hingga riwayat medis.

Tekanan darah rendah bisa membahayakan nyawa. Untuk mencegahnya, kenali 8 penyebab darah rendah, beserta pengertian dan cara mencegahnya berikut ini.

Apa Itu Tekanan Darah Rendah?

Tekanan darah menjadi salah satu faktor penting pada sistem sirkulasi tubuh. Tekanan darah diperlukan agar darah dapat mengalir secara sempurna.

Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi ketika tekanan darah lebih rendah daripada biasanya. Jika tekanan darah rendah, maka jantung, otak, serta bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan cukup darah.

Normalnya, tekanan darah manusia berkisar pada 90/60 hingga 130/80 mm Hg.

Tekanan darah rendah terjadi jika ada penurunan secara signifikan dari tekanan darah normal manusia. Hal ini bisa menimbulkan sejumlah masalah bagi sebagian orang.

Orang dengan tekanan darah rendah cenderung mengalami sejumlah gejala seperti penglihatan kabur, linglung, pusing, lemas, hingga pingsan. Gejala tersebut dirasakan karena sirkulasi darah pada tubuh terganggu.

8 Penyebab Darah Rendah

Tekanan darah rendah dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Simak 8 penyebab darah rendah berikut ini.

1. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Hal ini dapat menyebabkan jumlah darah dalam tubuh berkurang sehingga tekanan darah menurun.

2. Kehilangan Darah
Ketika tubuh kehilangan banyak darah, baik akibat dari cedera, pendarahan internal, dan sebagainya, volume darah akan mengalami pengurangan. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah.

3. Reaksi Alergi
Anafilaksis atau reaksi alergi yang parah juga menjadi penyebab tekanan darah rendah. Menurunnya tekanan darah secara tiba-tiba menjadi salah satu gejala reaksi alergi yang parah.

4. Infeksi Berat
Penyebab darah rendah selanjutnya adalah infeksi berat atau septikemia. Infeksi yang memasuki aliran darah akan menyebabkan tekanan darah menurun hingga mengancam jiwa. Kondisi ini dikenal dengan sebutan syok septik.

5. Kurangnya Nutrisi
Nutrisi yang terkandung dalam makanan juga mempengaruhi tekanan darah tubuh.

Tubuh yang kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab darah rendah. Rendahnya kadar vitamin B-12, folat, dan zat besi dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah.

6. Kehamilan
Wanita hamil juga cenderung mudah terkena tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang melebar cepat akibat dari kehamilan.

Pada 24 minggu pertama kehamilan, tekanan darah rendah cenderung dialami oleh wanita hamil.

7. Penyakit Jantung
Penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya bisa menjadi penyebab darah rendah. Selain itu, kondisi katup jantung juga mempengaruhi tekanan darah seseorang.

8. Penyakit Hormonal
Gangguan endokrin atau penyakit terkait hormon juga menjadi penyebab darah rendah. Penyakit seperti gula darah rendah hingga diabetes dapat membuat tekanan darah menurun.

Cara Mencegah Darah Rendah

Terdapat sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah tekanan darah rendah. Berikut ini adalah cara mencegah darah rendah.
  • Konsumsi air dengan cukup
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Rutin berolahraga
  • Penuhi nutrisi tubuh
  • Jika ingin mengubah posisi tubuh, lakukan secara perlahan



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenali 8 Penyebab Darah Rendah, Pengertian, dan Cara Mengatasinya"