Hagia Sophia

30 July 2023

Inter Miami Tak Akan Lepas Messi ke Barcelona, Apapun Alasannya

Lionel Messi sudah mencetak tiga gol dalam dua laga bersama Inter Miami. Foto: USA TODAY Sports via Reuters Con/Jasen Vinlove

Pemilik Inter Miami, Jorge Mas menegaskan klubnya tak akan melepas Lionel Messi ke Barcelona dengan bentuk perjanjian apapun, namun pengecualian bisa dilakukan jika La Pulga ingin memainkan laga perpisahan untuk suporter Blaugrana.

Messi bergabung dengan Miami pada musim panas dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun hingga akhir 2025. Sebelumnya, sempat muncul isu Miami akan merekrutnya, lalu meminjamkan Messi ke Barca saat periode libur kompetisi di Amerika Serikat.

Hal itu disebabkan raksasa Catalan itu tak punya uang untuk membawa pulang Messi. Namun Mas menegaskan skenario semacam itu takkan terjadi. Lain halnya jika sebuah laga persahabatan, perpisahan, atau semacamnya. Itu bisa diusahakan.

"Ini opini pribadi saya, dan saya hanya berspekulasi. Saya ingin mengingatkan lebih dulu hal tersebut," buka Mas dalam siniar Offside bersama eks bintang Timnas AS, Taylor Twellman.

"Saya tak tahu apakah ini semacam laga persahabatan atau perpisahan. Mereka (Barca) punya Joan Gamper Trophy di musim panas, kan."

"Tapi akan ada sesuatu di sana, semoga saat Camp Nou sudah dibuka kembali, sebab mereka tak akan main di sana selama 1,5 tahun ke depan, semoga Lionel Messi bisa mengucapkan perpisahan dengan layak."

"Itu tidak berarti bermain untuk Barcelona. Dia tak akan pergi ke sana dengan status pinjaman. Itu tak akan terjadi. Benar, dia pantas mendapat perpisahan dengan layak di sana. Benar pula jika saya akan melakukan segala upaya untuk membantu dia mewujudkannya karena dia pantas mendapatkannya," jelas Mas soal peluang Messi 'kembali' ke Barcelona.

Messi memang tak mendapat perpisahan yang layak saat meninggalkan Barcelona, rumahnya selama 20 tahun, pada musim panas 2021. Ia awalnya hendak memperpanjang kontrak usai membantu Argentina memenangi Copa America 2021.

Namun ternyata hal itu tak bisa terwujud karena Barcelona tak bisa mendaftarkan Messi akibat terhalang batas gaji pemain. Ia pun patah hati dan hanya bisa mengucap perpisahan lewat jumpa pers sebelum hijrah ke Paris Saint-Germain.

Dua tahun di Paris, Messi kemudian cabut usai dua kali memenangi Liga Prancis dan memenangi Piala Dunia 2022 bersama Argentina dengan status pemain PSG.

Ia sempat diisukan kembali ke Barcelona, namun Blaugrana tak bisa memberi jaminan mendaftarkan sang bintang tepat waktu sebelum musim dimulai. Kondisi keuangan Blaugrana belum selonggar itu. Mereka bahkan masih berutang gaji padanya, yang masih harus dilunasi hingga 2025.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Inter Miami Takkan 'Lepas' Messi ke Barcelona, kecuali..."