Hagia Sophia

14 October 2023

Walau Dilarang, Bendera Israel Berkibar di Wembley

Foto: MATTHEW CHILDS/Action Images via Reuters

Bendera Israel tetap berkibar di Stadion Wembley di laga Inggris vs Australia. Padahal, FA sudah melarang pernak-pernik di luar pertandingan masuk ke dalam.

Momen itu terlihat di laga uji coba antara Inggris vs Australia di Stadion Wembley, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB. Fans terlihat mengibarkan bendera biru putih Israel dari tribune.

Petugas keamanan terlihat mendatangi fans yang nekat mengibarkan bendera itu. Menurut Daily Mail, tidak jelas tindakan apa yang diambil kepada penonton tersebut.

Sebelumnya, FA sudah menegaskan bahwa pengibaran bendera di luar pertandingan dilarang. Sikap itu diambil di tengah situasi memanas Palestina dan Israel.

Beredar kabar Wembley awalnya ingin diberi ornamen bendera Israel, sebagai dukungan kepada Israel. Namun, FA menolaknya dengan bersikap netral terkait konflik yang terjadi di Jalur Gaza.

Keputusan FA itu tampak membuat kecewa salah satu Rabi, yang menjadi ketua FA Faith in Football. Rabi itu mundur dari jabatannya, sebab Wembley tak jadi diwarnai bendera Israel.

Laga Inggris vs Australia sendiri tetap memberi tribute bagi para korban jiwa atas konflik Palestina dan Israel. Pemain mengenakan ban hitam, dan digelar sesi mengheningkan cipta sebelum kick off, dalam laga yang dimenangkan Inggris 1-0.

Mengheningkan cipta untuk mengenang korban Palestina vs Israel sebelum kick off Inggris vs Australia di Stadion Wembley. Foto: HENRY NICHOLLS/AFP




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Bendera Israel Tetap Berkibar di Wembley Meski Dilarang"