Hagia Sophia

07 February 2024

Berikut Adalah Lokasi yang Diduga Tempat Bahtera Nabi Nuh

5 Lokasi Diduga Tempat Bahtera Nuh. Foto: Live Science

Dalam banyak teks agama, baik dalam Alkitab maupun Al-Qur'an, peristiwa besar banjir bandang disebutkan setidaknya terjadi pada 2100 SM.

"Bencana ini digambarkan sebagai banjir global yang menutupi seluruh planet dan menghancurkan semua makhluk hidup," tulis Andrei Tapalaga kepada History of Yesterday, dalam artikel berjudul 'Where Was Noah's Ark Built?' yang diterbitkan 12 April 2023.

"Seperti kisah kuno lainnya, ada banyak teori mengapa peristiwa dahsyat ini terjadi. Sebagian lainnya percaya itu adalah pembalasan ilahi atas dosa umat manusia," tambah Tapalaga seperti dikutip dari National Geographic.

Meskipun bahtera itu mungkin telah hancur dalam air bah, warisannya tetap hidup di dalam hati dan pikiran kita. Adapun mengenai teka-teki dari keajaiban pembuatan bahtera besar Nuh, masih menjadi polemik bagi sejumlah peneliti yang mencermati kitab-kitab samawi Alkitab dan Al-Qur'an.

Namun, banyak hipotesis yang memunculkan beberapa lokasi tempat dibuatnya Bahtera Nuh. Berikut adalah lokasi-lokasi yang diduga merupakan tempat Bahtera Nuh.

1. Gunung Ararat
Banyak ilmuwan menyebut pembuatan Bahtera Nuh dilakukan di Gunung Ararat yang kini menjadi wilayah Turki modern.

"Lokasi ini diyakini sebagai tempat pembuatan dan dihanyutkannya Bahtera Nuh karena letaknya yang dekat dengan Mesopotamia, tempat banjir besar disebutkan dalam banyak teks agama," ungkap Tapalaga.

Gunung Ararat juga merupakan rumah bagi dua puncak yang tingginya lebih dari 4.877 mdpl, menjadikannya tempat yang ideal untuk kapal besar seperti Bahtera Nuh.

2. Laut Hitam
Situs potensial lain untuk Bahtera Nuh adalah wilayah Laut Hitam. Beberapa peneliti berpendapat bahwa daerah ini pernah menjadi bagian dari hamparan laut yang jauh lebih besar yang membentang dari Mediterania sampai ke Iran dan Irak.

"Daerah ini memiliki banyak perairan yang dapat menyediakan banyak sumber daya untuk pembangunan bahtera, serta cukup ruang untuk semua hewan yang dikatakan diangkut ke dalam bahtera," jelasnya.

3. Dataran Syinar
Dataran Syinar dekat Sungai Tigris dan Eufrat, menjadi lokasi lain yang diperkirakan menjadi tempat Bahtera Nuh oleh para peneliti dan ilmuwan.

Mereka meyakini bahwa dataran ini mungkin merupakan bagian dari bentangan yang jauh lebih besar, sebelum surut karena peristiwa banjir besar yang mirip dengan yang dijelaskan dalam teks kuno.

Wilayah ini juga memiliki akses ke banyak sumber daya seperti kayu dan ter, yang cukup dekat dengan Mesopotamia. Karena ketiga alasan itu, kawasan ini di digunakan sebagai titik peluncuran bahtera menuju Gunung Ararat atau tujuan lainnya.

4. Teluk Aqoba
Teluk Aqaba di Yordania juga diusulkan sebagai tempat potensial lain untuk membangun Bahtera Nuh. Alasannya karena lokasi ini dekat dengan Mesir dan Mesopotamia, serta memiliki persediaan kayu yang melimpah.

5. Amerika
Lebih jauh lagi, beberapa akademisi menyebut bahwa Amerika mungkin menjadi situs potensial Bahtera Nuh mengingat cukup banyak ketersediaan kayu gopher di benua ini. Kayu gopher merupakan jenis kayu yang tidak ditemukan di tempat lain di Bumi pada saat itu.

Kemungkinan jenis kayu ini menjadi pilihan ideal jika Bahtera Nuh berlayar melintasi Samudra Atlantik ketimbang melalui lautan sempit.

Untuk diketahui, daerah yang disebut potensial sebagai tempat Bahtera Nuh memiliki banyak faktor pendukung baik dari segi sumber daya, iklim yang sejuk, dan kedekatan dengan sumber air.

"Semuanya memiliki peluang kontribusi yang signifikan terhadap pengambilan hipotesis tersebut. Semua lokasi memiliki aspek kuat untuk menjadikan lokasi ini tempat yang sempurna untuk kapal paling ikonik dalam sejarah," tutup Tapalaga.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "5 Lokasi Diduga Tempat Bahtera Nabi Nuh"