Hagia Sophia

07 February 2024

Super Komputer Memprediksi Man City Jadi Juara Liga Champions

Manchester City dijagokan pertahankan gelar Liga Champions. (Foto: Getty Images/Eurasia Sport Images)

Manchester City dijagokan super komputer menjadi juara Liga Champions musim ini. The Citizens jadi unggulan pertama di atas Real Madrid.

Menukil The Sun, Super komputer dari Opta menghitung peluang juara tim-tim kontestan tersisa Liga Champions. Hasilnya, Man City keluar sebagai favorit.

Man City diberi peluang sebesar 31,2 persen untuk juara Liga Champions 2023/2024. Angka tersebut dua kali lipat ketimbang pesaing terdekatnya, Real Madrid (15,7 persen).

Finalis musim lalu, Inter Milan, ada di urutan ketiga daftar super komputer Opta dengan 12,1 persen peluang juara. Bayern Munich di belakangnya dengan 11,4 persen, disusul Arsenal (6,8 persen), Barcelona (3,7 persen), dan Atletico Madrid (3,3 persen).

Manchester City jadi favorit tak hanya karena berstatus juara bertahan. The Citizens juga lagi ganas-ganasnya dengan kemenangan beruntun dalam sembilan laga terakhir di semua kompetisi.

Man City akan ditantang FC Copenhagen pada babak 16 besar Liga Champions. Leg pertama dijadwalkan pada 14 Februari mendatang.

Musim lalu, Man City berhasil mencetak sejarah dengan meraih treble. The Sky Blues sukses merengkuh title Liga Champions pertama mereka dalam sejarah usai mengalahkan Inter Milan 1-0 di final.

Andai juara lagi musim ini, Man City jadi tim kedua yang berhasil mempertahankan gelar Liga Champions dalam tiga dekade terakhir. Sejauh ini hanya Real Madrid yang sanggup melakukan itu (2016-2018).

10 Besar Kandidat Juara Liga Champions Versi Super Komputer Opta
  1. Manchester City: 31,2 persen
  2. Real Madrid: 15,7 persen
  3. Inter Milan: 12,1 persen
  4. Bayern Munich: 11,4 persen
  5. Arsenal: 6,8 persen
  6. Paris Saint-Germain: 5,4 persen
  7. Barcelona: 3,7 persen
  8. Atletico Madrid: 3,3 persen
  9. Borussia Dortmund: 3 persen
  10. Real Sociedad: 1,9 persen.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Prediksi Super Komputer: Man City Juara Liga Champions!"