Hagia Sophia

05 February 2023

Krisdayanti Dapat Kritikan Netizen Karena Beri Kopi Cucunya

Heboh Krisdayanti kasih Ameena kopi (Foto: Instagram)

Krisdayanti baru-baru ini mendapatkan kritikan dari netizen lantaran memberikan sang cucu, Ameena kopi. Adapun hal ini terlihat dari video yang diunggah Krisdayanti di akun Instagram pribadinya.

Dalam video tersebut, terlihat anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah itu tengah menyeruput kopi yang diberikan oleh Krisdayanti menggunakan sendok kopi.

"Mantap bos, keren bos," kata Krisdayanti setelah Ameena menyeruput kopi itu.

Kopi memang merupakan salah satu minuman yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan kafein di dalam kopi memang dapat membuat seseorang merasa segar atau melawan kantuk. Akan tetapi, efek ini biasanya dirasakan oleh tubuh orang dewasa yang sudah mampu memproses kafein secara efektif, bukan kepada anak bayi yang berusia bulanan.

Bayi membutuhkan waktu setidaknya 65-130 jam untuk memproses kafein. Hal ini dikarenakan fungsi organ hati dan ginjal pada bayi belum mampu bekerja dengan sempurna.

Usia Berapa Anak Boleh Diberi Kopi?

Dikutip dari CNN, American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, atau minuman lainnya pada anak di bawah 12 tahun. Ketika sudah memasuki usia remaja (12-18 tahun), konsumsi kafein dibatasi maksimal 100 mg per harinya.

Adapun dampak kafein pada bayi bisa menimbulkan rasa gelisah, cemas, hingga sakit perut. Bahkan, bisa juga meningkatkan tekanan darah dan detak jantung bayi, membuatnya menjadi rewel dan kelelahan. Karenanya, tak disarankan anak bayi diberikan kopi lantaran memicu sejumlah efek samping.

"Anak-anak muncul di ruang gawat darurat dengan detak jantung tidak teratur atau apa yang kita sebut takikardia atau detak jantung yang cepat," kata dokter anak yang juga merupakan ketua komite nutrisi untuk American Academy of Pediatrics Dr Mark Corkins.

"Masalah saya yang lain dengan anak-anak yang minum kopi adalah nilai gizinya kecil, dan menggantikan sesuatu yang seharusnya bernutrisi lengkap, seperti susu dan air," kata Corkins.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Krisdayanti Kasih Kopi ke Ameena, Dokter Tegaskan Balita Tak Boleh Diberi Kafein"