Hagia Sophia

05 February 2023

Wanita Ini Alami Penyakit Langka, Kakinya Besar Sebelah

Idap Kondisi Langka, Kaki Wanita Ini Berat Sebela (Foto: Instagram @lymph.goddess23)

Seorang model di Tennessee, Amerika Serikat (AS) Mahogany Geter (24) mengidap kondisi langka. Salah satu kakinya membesar hingga berbobot 100 pon atau setara dengan 40 kg.

Geter hidup dengan limfedema, penyakit kronis yang menyebabkan bagian tubuh membengkak karena kelenjar getah bening yang tidak mengalirkan cairan tubuh dengan baik. Seumur hidupnya, ia harus melakukan fisioterapi dan pijatan rutin untuk mengalirkan cairan berlebih.

Seluruh bagian kiri tubuh Geter terpengaruh limfedema. Bagian yang paling parah yaitu kakinya, yang menanggung beban terberat efek kondisi tersebut.

Limfedema genetik yang diidap Geter hanya menyerang satu dari 100 ribu orang. Limfedema meningkatkan risiko lebih tinggi terkena fibrosis, penebalan atau jaringan parut yang menyakitkan dan melemahkan.

Geter didiagnosis limfedema sejak dirinya lahir ke dunia. Seiring bertambahnya usia, kondisi tersebut terus menyulitkannya.

"Itu (limfedema) menguras energi saya, tentu saja, karena ini tambahan 100 pon," katanya dikutip dari NY Post.

"Jadi ketika saya mengatakan saya tidak terlalu cepat, atau mobilitas saya terbatas, itu sangat benar," lanjut Geter.

Kondisi ini membuat psikisnya merasa tertekan. Sejak kecil, Geter kerap menjadi pusat perhatian dan mendapatkan komentar negatif dari orang asing.

"Saya akan mengatakan itu (limfedema) mungkin dapat mempengaruhi Anda secara lebih mental dan emosional," ujar Geter.

"Sebagai seorang anak, saya tidak pernah merasa cantik. Saya merasa jelek, seperti orang aneh, dan menangis diam-diam berkali-kali," tambahnya.

Banyak dokter yang menyarankan kakinya untuk dioperasi, namun dalam kasus yang parah operasi tidak bisa menghilangkan pembengkakan tersebut sepenuhnya. Oleh sebab itu, Geter selalu menolak tawaran operasi.

Satu-satunya cara adalah menerima dirinya apa adanya dan melakukan kampanye 'body positivity'. Kampanye ini telah ia jalani sejak 2017.

Sebelumnya, Geter pernah bekerja di supermarket. Kemudian, seorang fotografer mendekatinya dan meminta izin untuk mengambil fotonya.

Geter sempat ragu-ragu menerima tawaran tersebut. Namun akhirnya, hal tersebut mengarah pada awal karir modelingnya.

"Saya seperti, 'saya semakin tua sekarang, mungkin sudah waktunya saya mulai menampilkan seluruh tubuh saya di luar sana,' dan mudah-mudahan saya melakukan itu dapat membantu orang lain," beber Geter.

Kini, Geter memiliki banyak pengikut di sosial media. Dua akun Instagramnya memiliki total 47 ribu pengikut, sementara salah satu videonya di Youtube meraih 10 juta penonton.

"Seringkali, saya mendapat banyak tanggapan positif dan yang paling saya sukai adalah membantu orang yang juga merasa rendah diri," kata Geter.

Geter berharap untuk melanjutkan cita-citanya menjadi model dan memamerkan kakinya yang bengkak. Tujuannya adalah untuk menyebarkan kepada orang lain agar lebih percaya diri terkait 'perbedaan'.

"Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk meningkatkan kesadaran akan limfedema," tutupnya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kaki Wanita Ini Besar Sebelah gegara Penyakit Langka, Harus Fisioterapi Seumur Hidup"