Hagia Sophia

05 February 2023

Liga Inggris: Wolverhampton Menang Atas Liverpool 3-0

Wolverhampton sikat Liverpool 3-0 (Getty Images/Clive Mason)

Liverpool tampil buruk dalam lawatannya ke kandang Wolverhampton Wanderers. Serigala pun menerkam si Merah dengan kemenangan 3-0.

Pada pertandingan di Molineux Stadium, Sabtu (4/2/2023) malam WIB, Wolves sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat bunuh diri Joel Matip dan Craig Dawson.

Babak kedua ditambah gol Ruben Neves sehingga membuat Wolves naik ke posisi ke-15 dengan 20 poin dari 21 laga. Liverpool terjerembab di posisi ke-10 klasemen Liga Inggris dengan 29 poin dari 20 laga, selisih 10 angka dari empat besar.

Jalannya pertandingan

Wolves bermain menekan sejak menit awal dan membuat Liverpool kerepotan. Wolves nyaris mencetak gol di menit kedua lewat tembakan Matheus Cunha yang bisa diamankan Alisson Becker.

Tapi, gawang Alisson bobol juga dua menit kemudian. Diawali salah komunikasi Joe Gomez dan Joel Matip, bola dengan mudah diambil Hwang Hee-chan.

Hwang masuk dari sisi kanan dan mengirimkan umpan, yang mengenai tumit Matip sebelum masuk ke gawang.

Wolverhampton unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Joel Matip (Foto: PA Images via Getty Images/Tim Goode - PA Images)

Liverpool kebobolan lagi di menit ke-10, kali ini Craig Dawson yang mencatatkan namanya di papan skor. Ruben Neves melepaskan free kick yang mengarah ke Cunha.

Cunha memberikan umpan kepada Max Kilman yang menembak tapi bisa dibendung, sebelum bola muntah disambar Dawson jadi gol.

Gol kedua Wolverhampton dibuat Craig Dawson Foto: Liverpool FC via Getty Images/Andrew Powell

Tertinggal dua gol membuat Liverpool lebih kesulitan mengembangkan permainan. Pada menit ke-14, Liverpool mendapat peluang pertama lewat Darwin Nunez tapi sepakannya bisa ditepis Jose Sa.

Gawang Liverpool hampir bobol lagi di menit ke-27 ketika Matip lagi-lagi bikin kesalahan di lini belakang. Matip gagal melihat pergerakan Nunes yang masuk dan merebut bola untuk menyepak ke gawang. Beruntung bagi Liverpool, Alisson bisa membendungnya.

Liverpool cuma punya satu tembakan ke gawang sepanjang babak pertama. Wolves pun menuntaskannya dengan skor 2-0 menuju ruang ganti.

Masuk di babak kedua, Liverpool memegang kendali permainan, tapi lagi-lagi kesulitan membuat peluang emas di kotak penalti Wolves.

Di menit ke-50, Naby Keita memberikan umpan kepada Robertson yang langsung menyepak ke gawang, tapi bisa dihalau. Bola muntah disambar Robertson dan melayang di atas mistar.

Pada menit ke-62, Mo Salah mendapat umpan terobosan Cody Gakpo yang diteruskan dengan tembakan keras yang masih melebar.

Tujuh menit kemudian, Nunez berada dalam posisi satu lawan satu dengan Jose Sa setelah menerima umpan lambung Trent. Sayang, penyelesaian akhir Nunez buruk karena bola tepat mengarah ke Sa yang menepisnya.

Wolves bikin gol ketiga! Pada menit ke-72, Adama Traore berlari di sisi kanan dan melewati adangan Robertson. Traore lantas memberikan umpan tarik yang mudah saja dicocor Ruben Neves di depan gawang.

Ruben Neves membuat skor jadi 3-0 untuk Wolverhampton Foto: Liverpool FC via Getty Images/Andrew Powell

Wolves membuat Liverpool hampir kebobolan keempat kalinya di menit ke-88 andaikan Alisson tak menepis bola sepakan Raul Jimenez dalam situasi satu lawan satu.

Skor 3-0 bertahan hingga laga Wolverhampton vs Liverpool selesai.

Susunan pemain

Wolverhampton: Jose Sa; Nelson Semedo, Craig Dawson, Maximilian Kilman, Rayan Ait-Nouri (Jonny 84'); Mario Lemina (Daniel Podence 83'), Ruben Neves, Matheus Nunes; Pablo Sarabia (Joao Moutinho 60'), Matheus Cunha (Raul Jiménez 60'), Hwang Hee-chan (Adama Traore 42').

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Joe Gomez, Andrew Robertson (Konstantinos Tsimikas 86'); Naby Keita (Jordan Henderson 65'), Stefan Bajcetic (Harvey Elliott 77'), Thiago (James Milner 85'); Mohamed Salah, Cody Gakpo (Alex Oxlade-Chamberlain 85'), Darwin Nunez.






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Wolverhampton Vs Liverpool: Si Merah Diterkam Serigala 0-3"