Hagia Sophia

05 February 2023

Liga Inggris: Everton Tundukan Arsenal 1-0

Arsenal kalah 0-1 di markas Everton dalam lanjutan Premier League (Foto: Offside via Getty Images/Daniel Chesterton/Offside)

Arsenal tergelincir dalam lanjutan Premier League. Tandang ke markas Everton, Arsenal tumbang dengan skor 0-1.

Duel Everton vs Arsenal di Premier League digelar di Goodison Park, Sabtu (4/2/2023) malam WIB. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Everton yang tampil penuh semangat akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-60. James Tarkowski memanfaatkan sebuah sepak pojok untuk menjebol gawang Arsenal.

Dengan hasil ini, Arsenal masih di puncak klasemen Liga Inggris dengan 50 poin dari 20 pertandingan dengan keunggulan lima angka atas Manchester City. Namun, selisih poin itu bisa saja terpangkas sebab City baru akan melawan Tottenham Hotspur pada Minggu (5/2/2023).

Sementara itu, Everton keluar dari zona degradasi dengan kemenangan atas Arsenal. The Toffees naik ke peringkat ke-17 dengan 18 poin.

Jalannya Pertandingan

Meski tampil dominan, Arsenal kesulitan menciptakan peluang bersih. Tim tamu baru mendapat peluang bagus pada menit ke-30. Namun, penyelesaian akhir Eddie Nketiah dari jarak dekat masih melebar.

Di sisi lain, Everton beberapa kali mampu memberikan tekanan kepada Arsenal. Everton mendapat peluang terbaik pada menit ke-35.

Amadou Onana bergerak dari sisi kiri dan mampu melepaskan diri dari kawalan Martin Odegaard. Dia kemudian melepaskan umpan ke depan gawang, tapi Dominic Calvert-Lewin gagal menjangkau bola tepat waktu.

Peluang lain didapat Everton tak lama kemudian. Dwight McNeil melepaskan umpan silang dari sisi kiri. Abdoulaye Doucoure yang punya cukup ruang gagal memanfaatkannya setelah sundulannya melebar dari gawang.

Bukayo Saka menerima umpan silang dari sisi kiri dan meneruskannya dengan tendangan voli. Bola mengarah ke tiang jauh, tapi dihalau Conor Coady di depan gawang.

Everton mengancam Arsenal lewat serangan balik. Calvert-Lewin menyambut umpan silang Seamus Coleman dari sisi kanan, tapi bola melebar dari gawang Arsenal.

Everton langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Tembakan Idrissa Gueye dari depan kotak penalti memaksa Aaron Ramsdale melakukan penyelamatan.

Nketiah melakukan tusukan dari kiri dan melepaskan umpan tarik ke Martin Odegaard. Tendangan Odegaard melambung di atas gawang Everton.

Gol! Everton membuka keunggulan pada menit ke-60. James Tarkowski sukses menjebol gawang Arsenal dengan sundulan usai memanfaatkan sebuah sepak pojok.

Upaya Arsenal lewat tembakan Leandro Trossard belum membuahkan hasil. Jordan Pickford masih bisa menepis tembakan pemain baru Arsenal itu.

Susunan Pemain

Everton: Pickford, Coleman, Coady, Tarkowski, Mykolenko, Doucoure, Onana, Gueye, Iwobi, McNeil, Calvert-Lewin (Maupay 62')

Arsenal: Ramsdale, White (Tomiyasu 85'), Saliba, Gabriel, Zinchenko, Martinelli (Trossard 59'), Partey (Jorginho 59'), Xhaka, Saka, Odegaard (Vieira 77'), Nketiah






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Everton Vs Arsenal: The Gunners Takluk 0-1"