Hagia Sophia

10 June 2023

Trik yang Bisa Dicoba Bila Ingin Miliki Umur Pajang Seperti Warga Jepang

Ilustrasi warga Jepang. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Sering mendengar bahwa banyak orang Jepang hidup panjang umur? Bahkan berbagai sumber menyebut, hingga kini masih banyak orang Jepang hidup sehat dengan umur yang telah melewati 100 tahun.

Beberapa orang percaya, kunci di balik panjang umur warga Jepang tak lain asupan makanan super sehat dibarengi kebiasaan rajin berjalan kaki setiap hari.

Lantas jika ingin hidup dengan umur panjang seperti banyak warga Jepang, apa saja langkah-langkah yang bisa diterapkan setiap hari?

Seorang dokter berusia 102 tahun, dr Gladys McGarey mengisahkan, dirinya senantiasa mendorong pasien-pasiennya untuk melihat penyakit dan rasa sakit sebagai 'guru'. Dengan begitu, ia mengajak setiap pasien untuk memahami penyakit apa yang sebenarnya tengah diidap, kemudian menemukan cara paling baik untuk menyembuhkan. Hal ini ia sebut sebagai 'obat hidup'.

"Pengalaman saya selama puluhan tahun dalam pengobatan holistik telah mengajari saya banyak hal tentang bagaimana menjalani hidup yang panjang, bahagia, dan terarah," ungkapnya, dikutip dari CNBC, Jumat (9/6/2023).

"Anda (harus) merasakan dan mengetahui bahwa hidup ada untuk dijalani. Anda harus menjalaninya," sambung McGarey.

Di samping ajarannya tersebut yang ia tuangkan dalam buku 'The Well-Lived Life: A 102-Year-Old Doctor's Six Secrets to Health and Happiness at Every Age' (Enam Rahasia Dokter Berusia 102 Tahun untuk Kesehatan dan Kebahagiaan di Setiap Usia), McGarey juga menerapkan beberapa praktik yang dalam kesehariannya:
  • Tidur 9 jam setiap malam
  • Menghabiskan waktu bersama orang tersayang dan membangun komunitas
  • Melanjutkan hidup dalam tujuannya melampaui usia 100 tahun
  • Berjalan 3.800 langkah setiap hari
  • Menghindari konsumsi dan minuman beralkohol
Lebih lanjut, McGarey merangkum trik hidup panjang umurnya dalam metode yang dinamainya sebagai '5 L'. Apa saja?

1. Life Itself (Kehidupan)
"Saat Anda memperhatikan kehidupan itu sendiri, hidup itu seperti benih. Ada cangkang di sekelilingnya. Ia memiliki semua energi alam semesta di dalamnya," ungkap McGarey.

2. Love (Cinta)
Bagi McGarey, cinta adalah faktor pengaktif yang mempengaruhi keseluruhan aspek kehidupan, bahkan sejak seorang manusia mengambil napas pertama dalam hidupnya.

3. Laughter (Tawa)
Lebih lanjut McGarey menjelaskan, tertawa tanpa rasa cinta adalah hal yang kejam dan dingin. Namun jika orang yang tertawa dibarengi perasaan cinta, maka yang timbul adalah kebahagiaan.

4. Labor (Bekerja)
"Bekerja tanpa cinta adalah pekerjaan yang membosankan. 'Saya harus pergi bekerja' atau 'Mereka terlalu banyak popok,'" beber McGarey.

"Bekerja dengan cinta adalah kebahagiaan. Itu sebabnya penyanyi bernyanyi, mengapa pelukis melukis, mengapa saya menjadi dokter. Itulah yang membuat Anda bersemangat," sambungnya.

5. Listening (Mendengarkan)
Bagi McGarey, mendengarkan orang lain adalah bentuk sikap pengertian. Ketika seseorang menemukan orang lain dan memahami tujuan hidup, maka hidup akan hidup akan terasa lebih memuaskan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingin Panjang Umur Seperti Warga Jepang? 5 Trik Ini Bisa Banget Dicoba"