Hagia Sophia

08 July 2023

Beberapa Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Panjang Umur, Boleh Dicoba

Kane Tanaka, salah satu manusia tertua di dunia. (Foto: Reuters)

Umur panjang menjadi impian banyak orang. Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan peluang umur panjang termasuk mengubah gaya hidup dan pola makan.

Namun, tanpa disadari, ada beberapa ciri yang menunjukkan seseorang lebih mungkin berumur panjang menurut sejumlah riset.

Berikut sederet ciri-cirinya, dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Punya Kebiasaan Makan Sayur

Wanita yang mengonsumsi paling banyak sayuran dan buah memiliki kemungkinan kematian 46 persen lebih rendah selama periode lima tahun dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya, menurut penelitian University of Michigan terhadap 700 peserta berusia 70-an.

Penduduk Okinawa, Jepang, yang memiliki salah satu rasio centenarian tertinggi di dunia, (sekitar 50 per 100.000 orang, dibandingkan dengan hanya sepuluh banding 20 di Amerika Serikat, adalah bukti pentingnya sayuran.

2. Nggak Mudah Stres

Optimisme dan kegembiraan, menurut sebuah studi tahun 2012 terhadap 243 sukarelawan di jurnal Aging menjadi salah satu faktor umur panjang seseorang. "Menjadi mudah beradaptasi dan fleksibel, membantu orang menghindari stres dan kecemasan, yang dapat meningkatkan umur panjang," kata Rosanne Leipzig, MD, PhD, seorang profesor geriatri dan kedokteran paliatif di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York City.

3. Asupan Omega 3

Orang dewasa yang lebih tua dengan tingkat asam lemak omega-3 darah tertinggi rata-rata hidup dua tahun lebih lama daripada mereka yang memiliki tingkat lebih rendah, demikian temuan sebuah studi Harvard.

4. Suka Tidur Siang

Penduduk Ikaria, Yunani, sebuah pulau kecil di Mediterania dengan populasi centenarian yang tinggi, gemar tidur siang, dan ternyata itu baik untuk jantung mereka. Peneliti Harvard mempelajari lebih dari 23.000 orang selama enam tahun dan menemukan bahwa mereka yang rutin atau teratur tidur siang selama 30 menit memiliki kemungkinan 37 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung daripada mereka yang tetap terjaga sepanjang hari.

5. Rajin Olahraga

Sebuah studi tahun 2012 di Archives of Internal Medicine menegaskan bahwa kebugaran fisik di usia paruh baya dapat memprediksi seberapa sehat Anda nantinya. Setelah mengikuti 19.000 orang dewasa paruh baya, ditemukan yang paling bugar cenderung tidak mengalami alzheimer, kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2 di usia 70-an dan seterusnya.

Pria yang paling bugar memiliki tingkat kebugaran yang setara dengan berlari sejauh delapan menit, sementara wanita memiliki level yang sama dengan mencatat satu mil dalam sepuluh menit.

"Orang-orang yang tetap aktif sepanjang hidup mereka, baik itu berlari, berjalan, atau mengendarai sepeda, hidup lebih lama," kata Jeremy Walston, MD, seorang profesor kedokteran geriatri di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

6. Dikelilingi Orang Sehat

Koneksi apapun itu penting, tetapi jika orang yang bergaul denganmu sehat, dan dirimu ikut termotivasi, tentu bisa menjadi dorongan besar untuk umur panjang. The New England Journal of Medicine mengklaim bahwa jika temanmu menambah berat badan, peluang kamu untuk mengalami hal yang sama bahkan meningkat hingga 57 persen.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur, Mudah Banget Dicoba!"