Hagia Sophia

08 July 2023

Diduga Kelelahan, Cak Nun Pernah 3 Kali Kena Stroke Ringan

Foto: Cak Nun, Suharso Monoarfa, hingga Riza Patria melayat Gus Sholahl. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Cendekiawan Emha Ainun Najib, yang juga dikenal sebagai Cak Nun, menerima perawatan di Unit Perawatan Intensif (ICU) RSUP Dr Sardjito, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/7/2023). Saat ini, kondisi Cak Nun dilaporkan semakin membaik.

"Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil," demikian keterangan di situs resmi pribadi Cak Nun, Jumat (7/7/2023).

Proses pemulihan atau recovery Cak Nun, yang juga akrab disapa Mbah Nun, berjalan dengan baik. Saat ini, Mbah Nun masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Sardjito di Yogyakarta.

Menurut Noor Janis Langga Barana, mantan sekretaris Cak Nun, saat ini Cak Nun sedang dalam proses pemulihan setelah dirawat di RSUP Dr Sardjito. Janis menambahkan, kondisi Cak Nun kini sadar dan stabil.

"Alhamdulillah proses recovery Mbah Nun berjalan terus dengan baik. Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil. Itu info terkini dari Cak Zaki (adik Cak Nun)," kata Janis saat dihubungi wartawan, Jumat (7/7/2023).

Meski demikian, mantan sekretaris itu menyebut Cak Nun saat ini belum diperkenankan dibesuk. Saat ini hanya sang istri yakni Novia Kolopaking yang menemani Cak Nun di ruang perawatan.

"Belum bisa dibesuk, ini tadi Pak Bupati Bantul mau membesuk juga belum bisa. Kalau yang di ruang ICCU hanya Mbak Novia," tegasnya.

Riwayat Stroke Cak Nun

Menurut pengakuan Janis, Cak Nun memiliki riwayat terkena stroke ringan 3 kali. Namun, disebut baru pertama kali dirawat di rumah sakit.

"Iya, baru pertama (Cak Nun rawat inap di rumah sakit). Sebelumnya stroke ringan lalu pulih kembali, dan setahu saya ini stroke ringan yang ketiga," kata mantan Sekretaris Cak Nun kepada detikJateng, Kamis (6/7/2023).

Diduga Kelelahan

"Mungkin kecapaian sehingga ada sedikit perdarahan di otak terus kemudian dibawa ke rumah sakit. Tapi jam 17.00 WIB berangsur-angsur membaik," pungkasnya.

Perdarahan otak seperti yang dialami Cak Nun bisa terkait dengan pembuluh darah yang pecah sehingga merusak jaringan di sekitarnya. Perdarahan otak juga termasuk jenis stroke.

Dikutip dari laman WebMD, perdarahan otak adalah kondisi darurat medis yang harus ditangani di segera. Aliran darah yang bocor dapat menghambat pasokan oksigen ke otak, menyebabkan kerusakan pada organ dan mengganggu fungsi saraf.

Seseorang yang mengalami perdarahan otak dapat memiliki gejala seperti kejang hingga kehilangan kesadaran. Terdapat beberapa faktor pemicu perdarahan otak, termasuk penyakit tertentu dan riwayat cedera kepala yang traumatis.

Beberapa tanda umum perdarahan otak meliputi:
  • Pusing atau vertigo
  • Mual dan muntah
  • Kebingungan atau sulit fokus
  • Kejang
  • Kehilangan kesadaran atau pingsan
  • Koma
  • Aphasia (kesulitan dengan atau kehilangan kemampuan berbicara) atau berbicara cadel atau tidak jelas (dysarthria)
  • Kelumpuhan atau kehilangan indra peraba
  • Kehilangan satu sisi dari semua indera dua sisi (penglihatan, pendengaran dan sentuhan)
  • Leher kaku
  • Masalah dengan penglihatan























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dirawat di ICU, Cak Nun Disebut Sudah 3 Kali Kena Stroke Ringan"