Hagia Sophia

08 July 2023

Siti Badriah Idap Penyakit Kelenjar Getah Bening Hingga Harus Operasi

Siti Badriah. (Foto: ahsan/detikhot)

Siti Badriah beberapa waktu lalu menjalani perawatan di rumah sakit. Pelantun lagu 'Lagi Syantik' itu diketahui mengidap penyakit kelenjar getah bening.

Krisjiana Baharudin, suami Siti Badriah, berbicara tentang keadaan istri tercintanya. Semuanya bermula ketika muncul benjolan pada ketiak pedangdut terkenal yang akrab disapa Sibad.

"Oh Siti kena kelenjar getah bening gitu, ada gumpalan tumor besar lah. Gede banget di bagian dalam ketiak, mau nggak mau harus dikeluarin," cerita Krisjiana Baharudin ditemui detikcom di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023).

Menurut Krisjiana, dua bulan sebelumnya, benjolan di ketiak Sibad hanya terlihat seperti jerawat. Namun, ukuran benjolan tersebut semakin membesar.

"Dua bulan sebelumnya dia tahu ada benjolan kecil kayak jerawat. Lama kelamaan berubah jadi besar dan kita cek ke dokter ketahuan Siti kena kelenjar getah bening. Besokannya langsung dioperasi," kata Krisjiana.

Suami Siti Badriah menilai bahwa kondisi kelenjar getah bening yang dialami Sibad cukup mengganggu aktivitas, karena cukup besar dan timbul nyeri.

"Bahaya sih karena itu tumor ya, kata dokter jerawat di muka namanya tumor. Ya kelenjar getah bening ini tumor tidak ganas, tapi mengganggu aja karena sakit nyut-nyutan dan besar, dia besar, dan gede banget," jelasnya.

Hingga saat ini, Siti Badriah masih harus menjalani pemeriksaan rutin ke dokter setiap minggu. Pada hari sebelumnya, ia hanya dirawat selama tiga hari di rumah sakit.

Menyoal Kelenjar Getah Bening

Dikutip dari Mayo Clinic, pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi akibat infeksi dari bakteri atau virus.

Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan reaksi alami tubuh terhadap penyakit atau infeksi. Benjolan lunak akan tumbuh, dan seringkali nyeri. Penyebab paling umum dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi saluran pernapasan atas.

Namun, terkait pengangkatan kelenjar getah bening, prosedur tersebut biasanya dilakukan jika telah didiagnosis mengidap kanker. Hal ini dapat membantu untuk memeriksa apakah kanker telah menyebar, atau mengurangi kemungkinannya untuk kembali.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Tumor Getah Bening, Diidap Siti Badriah sampai Harus Operasi"