Hagia Sophia

11 August 2023

Akibat Penyakit Langka, Wanita Ini Miliki 2 Rahim dan Vagina

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Seorang wanita di Hungaria memiliki dua uterus, dua vagina, dan dua serviks. Ajaibnya, ia melahirkan seorang bayi dengan normal pada Juli 2023. Bagaimana kisahnya?

Wanita tersebut adalah Adel Varga (28). Ia didiagnosis sindrom Herlyn-Werner-Wunderlich, suatu kondisi yang sangat langka dan seringkali menyebabkan komplikasi, seperti endometriosis dan infertilitas. Imbas kondisinya itu, sepanjang hidup Varga memiliki satu ginjal, dua uterus, dua serviks, dan dua vagina yang terdiri dari 'vagina biasa' dan satu 'vagina buta'.

Bertahun-tahun, Varga seringkali mengeluh kesakitan. Sampai dewasa pun, Varga tak kunjung memahami apa yang sebenarnya terjadi pada tubuhnya.

"Saya mengalami menstruasi yang sangat menyakitkan sejak usia 14 tahun, dan saya tahu ada sesuatu yang tidak beres," kata Varga kepada Caters News Agency, dikutip dari New York Post, Kamis (10/8/2023).

Ia sempat mengunjungi beberapa dokter untuk memeriksa kondisinya, namun berkali-kali juga mendapatkan diagnosis yang salah. Hingga usianya 20 tahun, Varga didiagnosis mengidap uterus didelphys, yang digambarkan Klinik Cleveland sebagai kondisi bawaan langka. Orang yang memiliki kondisi tersebut memiliki dua uterus sejak lahir.

"Saya memiliki vagina biasa dan vagina buta, serta serviks kedua. Tidak bisa dilihat karena vagina saya yang buta penuh dengan darah haid," beber Varga.

Varga sempat menjalani operasi septum vagina untuk membuat lubang sehingga darah dapat mengalir keluar dari vagina yang buta, mengurangi rasa sakitnya yang luar biasa.

"Setelah itu, menstruasi saya jauh lebih tertahankan, dan itu juga menghilangkan infeksi bakteri vagina selama bertahun-tahun," katanya.

Namun setelah nyeri di bagian vaginanya mereda, Varga belum sepenuhnya lepas dari kesulitan. Ia sempat menjalin hubungan beberapa kali dengan seorang pria, namun hubungannya kandas karena mereka takut, kondisi langka Varga membuatnya tak bisa melahirkan anak.

Hingga suatu hari, Varga bertemu Balázs Pór, pria yang kini menjadi suaminya. Setelah menjalani hubungan selama empat bulan, pasangan tersebut mencoba untuk memiliki bayi. Walaupun, dokter sempat berkali-kali memperingatkan perihal risiko bahaya jika Varga hamil.

Selama dua tahun, Varga tak kunjung hamil. Justru ia menemukan masalah baru, yakni endometritis kronis atau peradangan pada lapisan rahim di kedua rahimnya.

"Saya mulai menderita sakit punggung di sisi kiri saya, dan suatu hari sangat parah sehingga saya pikir saya menderita batu ginjal, jadi saya dilarikan untuk USG," jelas Varga.

Kabar itu tak melunturkan Varga dan suaminya untuk memiliki buah hati. Mereka pun mencoba metode fertilisasi in-vitro atau ;bayi tabung'.

"Upaya IVF pertama kami berhasil, kami sangat terkejut karena bahkan dokter kesuburan mengatakan dia tidak berpikir kami akan berhasil," katanya.

Selama hamil, Varga seringkali ketakutan, khawatir bayinya tumbuh dengan tidak normal lantaran hanya bisa tumbuh di bagian rahim kiri.

Berlanjut pada 13 Juli 2023, Varga melahirkan putrinya yang ia namai Alice di usia kehamilan 36 minggu. Ia melahirkan melalui operasi caesar karena mengalami preeklamsia, yakni masalah tekanan darah serius yang berkembang selama kehamilan. Ia dan suaminya amat bersyukur kini bisa menjadi orang tua.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Wanita Punya 2 Vagina dan Rahim gegara Kena Penyakit Langka"