Hagia Sophia

11 September 2023

Pakar: Me Time Bisa Minimalkan Risiko Kelelahan Mental Akibat Pekerjaan

Foto: Tangkapan Layar

Ridwan Kamil baru-baru ini bikin kaget netizen gegara mengaku punya 'breaking news'. Rupanya, breaking news yang dimaksudnya adalah ia ingin 'me time' setelah bertahun-tahun menjabat sebagai gubernur Jawa Barat.

"Saya mau me time. Saya teh mau pergi jauh keliling dunia mulai pekan depan. 10 tahun tidak ada me time kecuali curi-curi waktu sedikit saat kedinasan ke luar wilayah. Mau recharge badan dan pikiran," tuturnya dalam akun Instagram pribadi @ridwankamil, Kamis (7/9/2023), berkenaan dengan momen ia menyelesaikan jabatan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Istilah 'me time' kini sering disebut-sebut oleh masyarakat. Umumnya, istilah ini dipahami sebagai momen seseorang menikmati waktu dengan dirinya sendiri, dengan jalan-jalan rekreasi atau melakukan hobi yang disukai. Seringkali, konsep ini dikaitkan dengan perasaan menyayangi diri sendiri (self love) atau memberikan apresiasi terhadap diri sendiri (self reward).

Me Time buat Cegah Burnout

Dokter spesialis kedokteran jiwa dr Lahargo Kembaren, SpKJ menjelaskan, me time memang memiliki manfaat yang amat besar, khususnya untuk orang-orang yang sehari-harinya disibukkan dengan pekerjaan yang padat. Dengan harapan, para pekerja ini bisa menyeimbangkan waktu antara pekerjaan, istirahat, dan aktualisasi diri atau yang kini kerap disebut sebagai 'work life balance'.

Menurutnya, me time ini bisa meminimalkan risiko kelelahan mental (burnout) akibat pekerjaan.

"(Burnout) adalah kelelahan fisik dan mental itu merupakan suatu dampak dari kejenuhan dengan sesuatu yang sifatnya monotone, terus-menerus dengan load pekerjaan atau pemikiran yang berat tanpa ada waktu untuk istirahat santai," terangnya kepada detikcom, Kamis (8/9/2023).

"Burnout bisa berdampak kepada kondisi kesehatan mental yang terganggu seperti misalnya gangguan anxietas, depresi, itu bisa muncul kalau keseimbangan antara waktu kerja dan waktu untuk sendiri tidak seimbang, atau work life balance-nya terganggu," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantesan Ridwan Kamil Ingin Me Time, Ternyata Sebesar Ini Efeknya Cegah Burnout"