Hagia Sophia

11 September 2023

Beberapa Penyebab GERD yang Sering Tidak Disadari, Rebahan Usai Makan

Ilustrasi. Foto: iStock

Viral kisah seorang pria di Bekasi harus menjalani perawatan di rumah sakit gegara terkena penyakit GERD. Yang mengejutkan, pria bernama Diondy Kusuma ini selama ini selalu menerapkan pola makan sehat, bahkan rutin berolahraga. Jadi sebenarnya, apa pemicu GERD-nya?

Setelah diperiksa oleh dokter, barulah ketahuan bahwa GERD yang dialaminya rupanya dipicu oleh stres yang menumpuk dan tak kunjung terselesaikan akibat beban pekerjaan yang berat. Awalnya, ia mengalami gejala berupa mual dan diare tak kunjung sembuh.

"Masuk rumah sakit 5 hari karena asam lambung siapa sangka gue bisa masuk rumah sakit? Gue tiap hari olahraga, dan sel disiplin makan juga kok," ujar Diondy melalui akun Instagram pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

"GERD bikin lambung jadi lecet. Setelah gua selidikin yang menyebabkan gue GERD adalah stres masalah kerjaan. Setelah beberapa hari dirawat intens di rumah sakit sudah lumayan sehat dan meskipun belum 100 persen sembuh dan harus rawat jalan selama dua bulan," imbuhnya.

Sederet Pemicu GERD, Salah Satunya Kebiasaan Rebahan Habis Makan

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus chairman dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir atau yang biasa disapa sebagai dr Koko menjelaskan pada dasarnya, penyakit GERD dipicu oleh kelebihan produksi asam lambung, atau sensitivitas dari saluran cerna dalam hal ini esofagus.

Ia membenarkan, GERD memang bisa dipicu oleh stres. Namun di samping itu, ada juga faktor pemicu penyakit GERD baik yang berkaitan dengan asupan makan, atau kebiasaan langsung rebahan setelah makan.

"Pemicunya ada beberapa. Terutama adalah kurangnya kemampuan stingfer esofagus di bagian bawah untuk mencegah refluks asam lambung," terang dr Koko saat dihubungi detikcom, Rabu (6/9/2023).

"Faktor lain yang ikut berkontribusi adalah produksi asam lambung berlebih, kelebihan berat badan, bisa juga pola makannya. Bagaimana sebagian orang itu satu atau dua jam setelah makan tiduran atau berbaring. Selain itu juga faktor stres," imbuhnya.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi minuman teh dan kopi juga bisa memperberat gejala GERD. Ada juga beberapa makanan yang mungkin memicu GERD antara lain alkohol, produk olahan susu pada beberapa orang, terutama jika dibarengi kebiasaan telat makan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Penyebab GERD yang Sering Tak Disadari, Termasuk Rebahan Habis Makan"