Hagia Sophia

11 September 2023

Konsumsi Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything

Banyak orang mencari-cari cara alami yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu pemahaman yang kerap beredar, banyak-banyak memakan timun disebut-sebut bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun rupanya di samping itu, ada minuman tertentu yang terbukti melalui riset, efektif menurunkan tekanan darah. Tim peneliti dari Universitas Toronto menemukan bahwa dalam jumlah asupan yang tidak terlalu banyak, jus buah efektif menurunkan 'sedikit' tekanan darah.

Jus yang hanya mengandung gula alami ini mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 3,7 mmHg, yaitu tekanan di dalam arteri saat jantung berdetak.

Catatan mereka, bagaimanapun, mengkonsumsi buah utuh lebih besar manfaatnya dibandingkan meminum jus. Namun memang secara keseluruhan, penelitian ini mendukung bukti sebelumnya bahwa minum segelas jus buah 100 persen setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

"Penelitian kami menunjukkan manfaat pada tekanan darah dari asupan jus buah 100 persen dalam jumlah sedang yang hanya mengandung gula alami<' ujar penulis utama Profesor John Sievenpiper dikutip dari Mirror News UK, Minggu (10/9/2023).

Tekanan Darah Tinggi Sering Tidak Memicu Gejala

"Kebanyakan orang yang mengidap tekanan darah tinggi tidak menunjukkan tanda atau gejala apa pun, meskipun tekanan darah mencapai tingkat yang sangat tinggi," ungkap pusat medis akademis Mayo Clinic yang berbasis di Amerika Serikat.

Lebih lanjut menurut pihak NHS, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang memiliki tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan pemeriksaan. Walhasil disarankannya, agar siapa pun yang berusia di atas 40 tahun melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Sebagai gambaran, umumnya pada banyak kasus orang dengan tekanan darah tinggi mengalami tanda dan gejala berupa:
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • Mimisan
  • Nyeri dada
  • Pusing


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Riset Temukan Minuman Ini Bisa Jadi Cara Alami buat Atasi Tekanan Darah Tinggi"