Hagia Sophia

11 September 2023

Beberapa Buah Ini Bagus Sebagai Penambah Darah untuk Cegah Anemia

Foto: istock

Buah merupakan salah satu sumber gizi dan vitamin terbaik untuk tubuh. Oleh sebab itu, dianjurkan mengkonsumsi buah setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Apabila detikers sering mengalami anemia atau kekurangan darah, disarankan juga untuk mengkonsumsi sejumlah buah-buahan penambah darah. Hal ini guna membantu menambah jumlah sel darah di tubuh sehingga detikers nggak mudah terserang anemia.

Penasaran, apa saja buah-buahan yang dapat menambah darah di dalam tubuh? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Buah-buahan Penambah Darah

Terdapat beragam jenis buah-buahan yang diyakini dapat menambah jumlah sel darah di tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar buah-buahan penambah darah.

1. Jeruk
Rekomendasi buah penambah darah yang pertama adalah jeruk. Dilansir situs NDTV, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dapat membantu tubuh menyerap zat gizi, sehingga dapat meningkatkan sel darah merah.

Selain itu, jeruk juga mengandung zat besi dan asam folat yang dapat mengikat oksigen, sehingga aliran sel darah merah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

2. Jambu Biji
Buah yang satu ini sering dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat anemia. Soalnya, jambu biji mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menyerap zat besi lebih optimal.

3. Pisang
Pisang ternyata juga termasuk buah yang dapat meningkatkan jumlah darah di tubuh, lho. Sebab, pisang mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah di dalam tubuh.

Sedikit informasi, kekurangan asam folat dapat mengurangi tingkat hemoglobin di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, maka detikers bisa terserang anemia dengan muncul gejala seperti mudah lemas dan pusing.

4. Kurma
Buah yang satu ini umumnya sering dikonsumsi oleh umat muslim saat bulan Ramadhan. Namun, tahukah kamu jika kurma juga dapat membantu menambah darah dan mencegah anemia?

Soalnya, kurma mengandung zat besi tinggi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu, kandungan gula pada kurma juga dapat memberikan energi bagi tubuh.

5. Tomat
Mengutip laman Healthline, tomat punya peran penting dalam mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin (ACE) yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Tak hanya itu, ekstrak dalam tomat juga dapat membuka pembuluh darah lebih lebar, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sekaligus meminimalisir terserang anemia.

6. Delima
Delima atau pomegranate memang jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meski begitu, buah ini kaya akan zat besi yang baik untuk menambah jumlah darah di tubuh.

Selain itu, delima juga kaya akan zat lainnya seperti kalsium, protein, karbohidrat, dan serat. Umumnya buah ini dikonsumsi dengan cara dijus agar terasa lebih enak.

7. Buah Naga
Buah naga mengandung zat besi, fosfor, dan kalium yang dapat membantu menambah jumlah sel darah merah di tubuh. Maka dari itu, apabila detikers sering mengalami anemia cobalah mengkonsumsi buah naga, bisa dengan memakan secara langsung atau dijus.

8. Semangka
Rekomendasi buah penambah darah yang terakhir adalah semangka. Sebab, semangka mengandung zat besi dan vitamin c yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin. Tak hanya itu, mengkonsumsi semangka secara rutin juga membantu penyerapan zat besi di tubuh lebih cepat.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini 8 Buah Penambah Darah, Bagus untuk Cegah Anemia"