Hagia Sophia

11 September 2023

Planet Sembilan yang Mirip dengan Bumi Diduga ada di Tata Surya

Ilustrasi planet. Foto: NASA/JPL-Caltech

Para astronom telah lama bingung terhadap benda antariksa yang berperilaku aneh dan sebagian besar tidak dapat dijelaskan di bagian terluar Tata Surya, di luar orbit Neptunus.

Pengamatan menunjukkan bahwa objek trans-Neptunus (TNO) ini bergerak seolah-olah ditarik gaya gravitasi dari massa tak terlihat yang cukup besar. Salah satu teori adalah bahwa ada planet kesembilan dan sangat besar bersembunyi di sana, dijuluki Planet Sembilan, yang mungkin menjelaskan perilaku aneh tersebut.

Dalam riset terbaru, dikemukakan bahwa penyebabnya bukan planet besar melainkan planet tersembunyi yang tidak lebih besar dari tiga kali massa Bumi, yang dapat menjelaskan pergerakan TNO tersebut.

"Kami memperkirakan keberadaan planet mirip Bumi dan beberapa objek trans-Neptunus pada orbit aneh di bagian luar tata Surya," kata Patryk Sofia Lykawka dari Universitas Kindai di Jepang dan Takashi Ito dari National Astronomical Observatory of Japan, di The Astronomical Journal.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, planet teoretis ini mungkin juga jauh lebih dekat dengan kita daripada Planet Kesembilan, planet teoritis lain yang misterius.

"Kami yakin bahwa planet mirip Bumi yang terletak pada orbit jauh dan miring dapat menjelaskan populasi TNO yang menonjol dengan orbit di luar pengaruh gravitasi Neptunus, populasi objek dengan kemiringan tinggi yang signifikan, dan keberadaan beberapa objek ekstrem dengan orbit yang aneh," papar mereka.

Planet ini dapat menjelaskan mengapa beberapa objek ini mengorbit Matahari pada sudut yang ekstrim. Namun penelitian ini masih sebatas teori.

"Kita harus bersabar dan menunggu sampai kita memiliki pengetahuan lebih rinci tentang struktur orbit di Sabuk Kuiper," kata para peneliti, untuk memastikan teori tersebut.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Planet Misterius Mirip Bumi Mungkin Bersembunyi di Tata Surya"