Hagia Sophia

13 October 2023

Bakteri Mematikan Nempel di Alkes, Banyak Pasien Tewas Usai Operasi Jantung

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)

Bakteri mematikan menyebar di peralatan rumah sakit dan merenggut nyawa hampir 40 pasien yang menjalani operasi jantung dan paru-paru. Diketahui, bakteri tersebut berkembang biak dalam tubuh seseorang dan berisiko fatal memicu kematian. Seperti apa?

Bakteri tersebut adalah Mycobacterium chimaera, yang kini ditemukan menyebar di unit pendingin-pemanas yang digunakan di rumah sakit National Health Service (NHS) UK. Perangkat ini seringkali sangat dibutuhkan dalam prosedur operasi jantung atau paru-paru untuk mengatur suhu pasien selama operasi. Ada kemungkinan, serangga tersebut berhasil bertahan hidup dan ada di perangkat tersebut.

Infeksi bakteri tersebut dapat mempengaruhi lapisan jantung atau sistem tubuh vital lainnya khususnya pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Bakteri 'silent killer' ini bisa bertahan dalam tubuh seseorang dan tidak diketahui selama satu dekade, hingga akhirnya menimbulkan kondisi fatal. Penyakit ini memiliki risiko kematian yang amat tinggi, menyebabkan 38 kematian dari 50 infeksi tercatat pada 6 Oktober 2023.

Menanggapi kasus itu, NHS kemudian memberi tahu pasien-pasien yang berisiko terdampak penyebaran bakteri dari peralatan tersebut. Di antara mereka yang meninggal, ada pasien yang meninggal dalam waktu satu bulan setelah operasi, ada juga yang hidup sampai 13 tahun setelah operasi.

"Risiko infeksi rendah dan tindakan pengendalian sudah dilakukan. Namun infeksi M. chimaera, tidak selalu dapat diidentifikasi melalui mikrobiologi konvensional, dan memerlukan pengobatan khusus," terang pihak NHS dikutip dari Mirror News UK, Kamis (12/10/2023).

"Hingga 6 Oktober 2023, terdapat 50 kasus infeksi M. chimaera pasca operasi bypass jantung paru, dan 38 orang diantaranya diketahui meninggal dunia. Interval rata-rata antara pembedahan dan diagnosis adalah 24 bulan tetapi berkisar antara kurang dari 1 hingga 154 bulan," sambungnya.

Ini bukan pertama kali unit pendingin pemanas menyebarkan bakteri mematikan. Namun, pedoman telah diterapkan selama bertahun-tahun bagi rumah sakit untuk menangani dan mengatasi masalah ini.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Usia Kronologis Boleh Menua, Usia Biologis Bisa Kok Dibikin Tetap Remaja"