Hagia Sophia

13 October 2023

Untuk Deteksi Awal Kanker Payudara, Ini yang Harus Dilakukan Suami

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nitcharee Sukhontapirom

Menyambut 'No Bra Day' yang jatuh pada 13 Oktober, warga dunia diajak untuk bersama-sama menyoroti pentingnya pencegahan kanker payudara. Salah satu yang kerap disampaikan oleh para dokter, yakni perihal penanganan sedini mungkin, yang diawali dengan deteksi benjolan pada payudara.

Sering mendengar bahwa payudara yang sering diremas bakal secara alami berukuran lebih besar? Rupanya, hal itu cuma mitos belaka. Namun di samping itu, ada manfaat lain yang bisa dirasakan dari sering-sering meremas payudara. Tak lain, deteksi kanker payudara bisa dilakukan sedini mungkin.

Sebagaimana disarankan oleh dokter spesialis bedah plastik dr Sara Ester Triatmoko, SpBP-RE(K) dari RSUP Fatmawati, para suami bisa ikut mengecek payudara istrinya, yakni dengan sering-sering meremas. Jika terasa ada benjolan di payudara istri, pemeriksaan medis bisa dilakukan sedini mungkin.

"Kadang-kadang meremas payudara itu membuat kita sensitif terhadap adanya benjolan, bahkan ada yang komentar, kadang-kadang 'wah punya suami tapi suaminya kok bisa nggak mendeteksi benjolan sudah sebesar itu', jadi memang kalau kita hidup berumah tangga, bagus gitu melakukan peremasan payudara, di-massage, diperiksa, tiap mandi gitu ya," ungkapnya saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

"Suami-suami remaslah payudara istrimu, supaya kalau ada benjolan tahu, supaya kalau ada bengkak bisa cepat hilang, karena melakukan peremasan itu akan memperbaiki aliran darah ke daerah tersebut," imbuh dr Sara.

Manfaat Lain Remas Payudara: Melancarkan Aliran Darah

dr Sara menjelaskan, ukuran payudara ditentukan oleh tebalnya lemak yang ada di bagian atas payudara, serta banyaknya kelenjar payudara di bawah. Walhasil, aktivitas meremas payudara tidak ada hubungannya dengan ukuran payudara besar-kecil.

"Meremas-remas itu tidak menimbulkan payudara menjadi lebih besar atau lebih kecil. Tapi, meremas itu sebenernya memperbaiki aliran darah. Jadi kalau aliran darahnya baik, tentunya akan lebih sehat. Bayangin saja kalau kulit muka kita facial, aliran darahnya baik, kan lebih glowing lebih sehat," pungkas dr Sara.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Sarankan Suami Sering Remas Payudara Istri, Begini Manfaatnya"