Hagia Sophia

03 February 2024

Bayi di Sampang Ini Lahir dengan 24 Jari, Ini Penjelasan Medisnya

Bayi lahir di Sampang lahir dengan 24 jari (Foto: Kamaluddin/detikJatim)

Baru-baru ini heboh seorang bayi di Sampang bernama Amira Biliatun Nisak lahir dengan 24 jari di tangan dan kaki. Bayi perempuan tersebut lahir dengan normal dan dalam keadaan sehat, bentuk jarinya pun sempurna dan rapi.

Ibu Amira, Subaidah mengaku tidak ada tanda-tanda aneh pada bayinya saat hamil hingga melahirkan. Bahkan, Subaidah mengatakan dirinya masih bekerja seperti biasa hingga usia kehamilannya 9 bulan.

"Waktu hamil ya biasa, tidak ada yang aneh dan sampai menyusahkan," kata Subaidah, ucapnya kepada detikJatim, Selasa (30/1/2024).

Dokter spesialis anak di RSUD Mohammad Zyn Sampang, dr Sri Astuti Eviningrum, mengatakan kelebihan jari pada tangan dan kaki dalam dunia medis disebut polidaktili. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada proses pembentukan jari-jari tangan atau kaki janin pada masa kehamilan.

Terdapat dua penyebab polidaktili, yakni faktor genetik dan nongenetik. Faktor genetik terjadi saat mutasi atau perubahan pada gen, sementara faktor nongenetik terjadi akibat kondisi kesehatan ibu dan bayi.

"Kalau melihat dari bentuknya itu faktor genetik, itu kan biasanya dari faktor pembentukan dalam proses kehamilan. Yang jelas tidak ada hubungannya antara dia itu melihat, memikirkan ataupun dia mimpi, itu sama sekali tidak mempengaruhi terbentuknya anatomi bayi," terangnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Bayi di Sampang Lahir dengan 24 Jari, Begini Penjelasan Medisnya Menurut Dokter"