Hagia Sophia

03 February 2024

Beberapa Minuman Ini Kaya Akan Vitamin C untuk Penuhi Kebutuhan Harian

Ilustrasi minuman vitamin C. (Foto: iStock)

Sudah banyak yang mengetahui, jus jeruk adalah salah satu minuman vitamin C. Sebetulnya selain minuman tersebut, ada lho sejumlah minuman lain yang juga kaya akan vitamin C, yang bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Vitamin C, atau yang dikenal juga sebagai asam askorbat, adalah salah satu nutrisi yang berperan menunjang kesehatan tubuh. Asupan vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan produksi kolagen.

Tak hanya itu, vitamin C juga berperan mengendalikan infeksi dan proses penyembuhan luka, serta mencegah dampak paparan radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya.

Karenanya, tak heran jika kita sering mendengar anjuran untuk mengonsumsi vitamin C setiap hari. Memenuhi kebutuhan vitamin C dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan, suplemen, dan minuman vitamin C.

Minuman yang Kaya Akan Vitamin C

Membahas soal minuman vitamin C, jus jeruk pasti menjadi salah satu yang tidak pernah terlewatkan. Tak heran, sebab satu buah jeruk saja bisa mengandung sekitar 53,2 miligram (mg) vitamin C.

Di sisi lain, kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa normal per hari adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Sementara itu, batas konsumsi vitamin C per hari adalah 2.000 mg. Artinya, satu buah jeruk sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun jika bosan mengkonsumsi jeruk sebagai pasokan kebutuhan vitamin, ada kok sejumlah minuman vitamin C lainnya yang bisa diandalkan setiap hari. Apa saja?

1. Jus Jambu Biji
Kendati vitamin C identik dengan jeruk, buah oranye itu sebenarnya bukanlah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Kandungan vitamin C pada jeruk kalah jauh dibandingkan kandungan pada buah jambu biji.

Dikutip dari situs Prevention, satu buah jambu biji bisa mengandung hingga 125,6 mg vitamin C. Sedangkan dalam bentuk jus, satu gelas jus jambu biji bisa mengandung hingga 53 mg vitamin C.

Tak hanya itu, jambu biji juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan jeruk. Karenanya, buah ini cocok sebagai opsi sumber vitamin C bagi orang-orang yang sedang menjaga kadar gula darahnya.

2. Jus Mangga
Buah tropis lain dengan kandungan vitamin C yang tak kalah tinggi adalah mangga. Dikutip dari laman Cleanplates, satu gelas jus mangga dapat memenuhi sekitar 64 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Satu buah mangga bisa mengandung hingga 122 mg vitamin C. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung zeaxanthan, antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah dampak paparan sinar biru (blue light).

3. Jus Nanas
Vitamin C biasanya diasosiasikan dengan buah sitrus seperti jeruk. Namun, buah nanas bisa menjadi opsi alternatif untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin tersebut.

Satu gelas jus nanas bisa mengandung hingga 110 mg vitamin C. Bagi sebagian orang, jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi RDA.

Selain itu, nanas juga mengandung zat bernama bromelain yang disebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menyehatkan pencernaan.

4. Jus Pepaya
Buah yang dikenal juga dengan nama kates ini juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. Satu buah pepaya bisa mengandung hingga 95 mg vitamin C.

Tak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim bernama papain dan chymopapain yang dapat membantu mengurangi peradangan.

5. Jus Tomat
Selain ditemukan pada buah-buahan, vitamin C juga bisa diperoleh dari sayuran tertentu. Salah satunya adalah tomat.

Dikutip dari Prevention, satu gelas jus tomat bisa mengandung hingga 170 mg vitamin C. Plus, mengonsumsi segelas jus tomat juga dapat memenuhi 21 persen dari kebutuhan vitamin A, dan 15 persen dari kebutuhan kalium.

6. Teh Hibiscus
Selain jus buah dan sayur, minuman vitamin C juga ada yang berupa teh, seperti teh hibiscus. Dikutip dari Cleanplates, satu cangkir teh hibiscus mengandung sekitar 44 mg vitamin C, atau 59 persen dari kebutuhan vitamin C harian bagi wanita dan 49 persen kebutuhan vitamin C harian bagi pria.

Kandungan vitamin C dalam teh hibiscus juga bisa ditingkatkan dengan menambahkan perasan buah lemon.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Cuma Jus Jeruk, Ini Sederet Minuman Vitamin C buat Penuhi Kebutuhan Harian"