Hagia Sophia

03 February 2024

Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur

Foto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Telur dikonsumsi banyak orang setiap hari. Namun dalam mengonsumsinya waspadai beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bareng telur. Ini daftarnya!

Telur tergolong bahan makanan sehat dan padat nutrisi yang serba guna. Telur enak diolah menjadi berbagai hidangan dan disantap dari pagi hingga malam hari.

Telur terkenal dengan nutrisinya yang tinggi protein. Selain itu, telur mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja vitamin D, fosfor, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B.

Meski enak dan gampang dimasak, bukan berarti telur bisa sembarang dikombinasikan dengan jenis makanan dan minuman apa pun. Ada beberapa minuman dan makanan yang perlu dihindari bersama telur.

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan telur, merangkum berbagai sumber.

1. Susu kedelai
Susu kedelai pada dasarnya merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Namun, mengutip Food NDTV, hindari konsumsi susu kedelai bersamaan dengan telur.

Saat keduanya dikonsumsi bersamaan, kadar protein dalam tubuh akan meningkat pesat. Kondisi ini justru bisa menghambat penyerapan protein.

2. Teh
Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Banyak orang menjadikan telur dan secangkir teh hangat sebagai menu sarapan. Namun, kombinasi makanan dan minuman ini bisa memicu masalah kesehatan.

Beberapa masalah yang bisa muncul dari kombinasi keduanya adalah sembelit hingga meningkatnya produksi asam lambung.

Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan, minum teh dengan telur dapat mengurangi jumlah protein yang terserap hingga 17 persen.

3. Gula
Anda juga perlu menghindari konsumsi telur dengan gula. Saat dikonsumsi bersamaan, asam amino yang dikeluarkan keduanya bisa menjadi racun dan memicu pembentukan gumpalan darah.

4. Pisang
Foto: Getty Images/iStockphoto

Kombinasi telur dan pisang akan terasa berat di perut. Kombinasi keduanya bakal membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Sebagai pilihan terbaik, nikmati keduanya secara terpisah sebagai bagian dari pola makan sehat.

5. Daging
Kelebihan lemak dan protein pada telur dan daging bisa membuat kombinasi keduanya sulit dicerna.

Selain itu, mengonsumsi keduanya bersamaan juga bisa memicu rasa lelah.

6. Produk susu
Foto: Shutterstock/

Telur dan susu juga kerap jadi menu sarapan banyak orang. Namun, sebenarnya Anda tak disarankan mengkombinasikan keduanya.

Mengutip India Times, makan telur bersamaan dengan produk susu seperti keju bisa memicu masalah pencernaan.

7. Jeruk
Anda juga disarankan agar tidak mengonsumsi telur bersamaan dengan jeruk.

Mengutip Times of India, keasaman dalam buah sitrus berpotensial membekukan telur saat dimasak bersamaan.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bareng Telur, Ini Sebabnya"