Hagia Sophia

03 February 2024

Beberapa Bahan Alami yang Bisa Perbaiki Fungsi Ginjal

Ilustrasi ginjal. (Foto: thinkstock)

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring racun dan kotoran dari dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui urine. Selain itu, organ tersebut juga memiliki peranan dalam menyeimbangkan kadar cairan dan mineral dalam tubuh, serta memproduksi hormon yang membantu pembentukan sel darah merah.

Fungsi-fungsi tersebut menjadikan ginjal salah satu organ tubuh yang paling penting, sehingga kesehatannya harus senantiasa dijaga. Jika ginjal sudah bermasalah, racun dan kotoran dapat menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan sejumlah penyakit.

Untuk memperbaiki fungsi ginjal, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Mulai dari mengonsumsi obat-obatan, mengubah pola makan, hingga memanfaatkan sejumlah bahan alami untuk memperbaiki fungsi ginjal.

Bahan Alami untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal

Lantas, apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk memperbaiki fungsi ginjal tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Jahe
Jahe memiliki sejumlah khasiat yang membuatnya menjadi salah satu bahan alami untuk memperbaiki fungsi ginjal. Jahe dapat membantu proses pencernaan makanan, membersihkan darah, serta melancarkan aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ginjal. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada pada jahe juga dapat melindungi ginjal dari kerusakan dan peradangan.

2. Jelatang
Daun jelatang merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Daun jelatang juga dapat menunjang fungsi ginjal dengan cara meningkatkan jumlah urine dan zat asam urat (uric acid) yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu, sifat antiperadangan yang dimiliki daun jelatang dapat menunjang fungsi ginjal dan melancarkan aliran urine. Daun jelatang juga bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

3. Giloy/Brotowali
Daun giloy atau yang dikenal juga dengan nama brotowali memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat efek radikal bebas. Selain itu, daun giloy juga bisa membantu membersihkan darah, menghilangkan racun dari dalam tubuh, serta melawan infeksi bakteri.

4. Bawang putih
Selain jahe, bumbu dapur lainnya yang dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal adalah bawang putih. Bawang putih mengandung alisin, zat yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi gangguan fungsi ginjal. Sebuah studi juga menyebut alisin dapat membantu mencegah risiko penyakit ginjal kronis.

Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi ginjal dari peradangan.

5. Cranberry
Cranberry memiliki sejumlah khasiat bagi ginjal. Buah kecil berwarna merah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, dua faktor yang dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Tak hanya itu, cranberry juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK) yang umum dialami oleh pengidap penyakit ginjal.

6. Paprika merah
Paprika merah merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk pengidap penyakit ginjal lantaran memiliki kandungan kalium (potasium) yang rendah. Bukan hanya itu saja, paprika merah juga mengandung antioksidan bernama likopen yang dapat melindungi dari risiko beberapa penyakit kanker.

Selain itu, paprika merah juga kaya akan vitamin C, A, B6, asam folat, serta serat yang baik untuk kesehatan.

7. Kale
Sayur kale kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menunjang kesehatan organ ginjal. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada pada kale dapat membantu ginjal dalam menyaring racun dan kotoran dari dalam darah. Kale juga rendah akan kalium, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Bahan Alami untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal, Jahe hingga Bawang Putih"