Hagia Sophia

03 July 2023

Jadi Negara Pertama, Australia Ijinkan Penggunaan Magic Mushroom untuk Pasien Depresi

Magic mushroom jadi obat depresi. (Foto: DW (News))

Australia menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan psikiater meresepkan zat psikedelik tertentu kepada pasien depresi atau gangguan stres pascatrauma.

Psilocybin, senyawa yang ditemukan dalam magic mushroom, nantinya akan digunakan untuk penyembuhan pasien depresi yang resistan terhadap pengobatan. Senyawa tersebut juga akan memungkinkan MDMA, yang dikenal sebagai ekstasi dalam bentuk tablet, untuk pasien gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Negara tersebut memasukkan kedua obat tersebut ke dalam daftar obat yang disetujui oleh Therapeutic Goods Administration.

Laman Nature menyebut MDMA dikenal luas sebagai obat pesta ekstasi, dan psilocybin adalah bahan aktif dalam jamur halusinogen. Dalam uji coba fase II oleh para peneliti, yang diterbitkan akhir tahun lalu, dosis psilocybin 25 mg dua kali lebih efektif daripada dosis 1 mg dalam memerangi depresi yang resistan terhadap pengobatan, meskipun efek samping yang signifikan dicatat.

Laporan uji coba fase III MDMA menggambarkannya sebagai "pengobatan terobosan potensial" untuk PTSD. Obat-obatan tersebut juga menunjukkan potensi dalam mengobati kecemasan, anoreksia, dan kecanduan zat.

Untuk sementara waktu, akses awal ke obat psikedelik itu akan terbatas dan mahal. Namun, beberapa organisasi kesehatan lainnya mendesak agar keputusan ini dilakukan dengan hati-hati.

Peneliti psikedelik dan psikiater Dr Ben Sessa menggambarkan persetujuan tersebut sebagai perintis. "Di sinilah sorotan psikedelik global sekarang bersinar," katanya kepada BBC.

Negara lain telah mengeksplorasi psikedelik untuk penggunaan serupa, termasuk Swiss, Kanada, dan Israel, di mana regulator telah membuat keputusan serupa, meskipun tidak secara nasional seperti di Australia.

Klinik psikedelik juga beroperasi secara legal di negara-negara termasuk Jamaika dan Kosta Rika.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pertama di Dunia, Australia Legalkan Magic Mushroom untuk Pasien Depresi-PTSD"