Hagia Sophia

03 July 2023

Tips untuk Kecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Ilustrasi diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Rostislav_Sedlacek)

Mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang mudah. Dalam prosesnya, diperlukan kerja keras, kedisiplinan, hingga kesabaran yang ekstra. Mungkin masih banyak yang berpikiran bahwa olahraga berjam-jam merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan kelebihan lemak di perut.

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai beberapa lemak di sekitar perut. Namun, jika dalam jumlah yang cukup besar, hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Peningkatan lemak di perut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia maupun mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Dikutip dari India Today, terdapat cara alami yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit:

1. Hindari gula
Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menimbulkan lemak yang berlebih pada tubuh. Oleh karena itu, hindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti es krim, permen, hingga minuman bersoda. Namun, jika ingin mengonsumsi makanan yang manis, pilihlah buah-buahan segar yang mengandung gula alami.

2. Minum air putih yang banyak
Mengonsumsi air putih dapat membantu wanita maupun pria untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Air putih dapat membersihkan racun serta membantu dalam memperbaiki metabolisme tubuh. Seseorang bisa mengonsumsi air putih setiap hari ketika bangun tidur, ngemil, makan, hingga ingin tidur.

3. Menggunakan minyak kelapa saat masak
Biasanya, minyak kelapa digunakan untuk keperluan memasak, tetapi bisa juga digunakan untuk kesehatan seperti kulit dan rambut. Selain itu, minyak kelapa mempunyai kandungan asam lemak dan tetap memiliki efek positif terhadap tubuh. Sifat termogenetik yang dimiliki oleh minyak kelapa bisa membakar lemak di tubuh.

4. Konsumsi air jinten
Jinten adalah rempah yang sering ditemukan dalam bumbu masakan. Tak hanya memiliki manfaat dalam meningkatkan aroma pada masakan, rempah ini juga bisa dikonsumsi sebagai penghancur lemak di dalam tubuh. Air jinten dapat dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali sehari setelah makan karena memiliki manfaat seperti detoksifikasi, mengatur kadar gula, dan rendah kalori.

5. Konsumsi air hangat dengan lemon
Selain air jinten, terdapat minuman lain yang efektif untuk menghilangkan lemak di perut yakni mencampurkan lemon dengan air hangat. Buah lemon mempunyai kandungan vitamin, asam sitrat, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Air lemon dapat dikonsumsi saat pagi hari dengan minimal tiga kali selama seminggu.

6. Konsumsi jamu
Jamu dikenal sebagai ramuan alami yang memiliki manfaat dalam mengatasi kegemukan dan melangsingkan perut. Terdapat tiga jamu yang terbukti memiliki manfaat tersebut seperti mint, jahe, dan ginseng. Selain itu, ramuan ini sudah memiliki bentuk yang praktis yakni teh. Seseorang bisa mengonsumsi teh sebelum makan.

7. Konsumsi bawang putih
Bawang putih memiliki zat sulfar yang mempunyai peran penting dalam proses pembakaran lemak. Seseorang dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah pada pagi hari dan manfaat bawang putih dalam mengecilkan perut buncit sudah terbukti dalam sebuah penelitian.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Bye-bye Lemak!"