Hagia Sophia

03 July 2023

Ukuran Uang Kertas Rupiah Dibedakan Berdasarkan Nilai Nominalnya

Ukuran Uang Rupiah Makin Kecil Tergantung Nominal, Ini Penjelasan BI/Foto: Aulia Damayanti

Ukuran uang rupiah tahun emisi (TE) 2022 dibedakan ukurannya berdasarkan nominalnya. Perbedaan ukuran uang rupiah diharapkan dapat membantu penyandang tunanetra mengenali nominal uang.

"Perbedaan ukuran uang Rupiah tahun emisi 2022 yang semakin signifikan sangat membantu kami untuk mengenali nominal Rupiah. Jadi, untuk mengenali nominal uangnya, selain ada blind code, sekarang ini tinggal dibandingkan saja ukurannya," ujar Agus Taufik yang juga tunanetra, dikutip dari Instagram Bank Indonesia, Senin (3/7/2023).

Semakin kecil nominalnya maka semakin kecil pula ukurannya. "Coba, deh, bandingkan di dompet uang Rp 100.000,00 dengan Rp 1.000,00 kalau naruhnya dengan baik dalam dompet, ukuran uang yang nominalnya besar akan lebih panjang dan lebih lebar. Mudah, kan?" lanjut Agus.

Selain itu adanya fitur blind code yang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi para penyandang tuna netra, kini semakin lengkap dengan selisih ukuran antar pecahan yang diperbesar menjadi 5 milimeter. Agus, dan para penyandang tunanetra lain jadi lebih mudah untuk membedakan nominal uang rupiah setiap bertransaksi.

Tak heran jika uang rupiah diakui dunia internasional dan mendapatkan penghargaan. Selain karena inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah, serta desainnya yang semakin cantik menjadikan Uang TE 2022 dinobatkan sebagai yang terbaik.

"Nggak heran kalau uang rupiah TE 2022 mendapat pengakuan dunia internasional dengan memenangkan Best New Banknote Series pada Currency Award ke-17 yang diselenggarakan oleh International Association of Currency Affairs (IACA)," tulis BI.

BI berharap semakin canggih dan berkualitasnya uang rupiah dapat membantu penyandang tunanetra untuk bertransaksi secara aman dan nyaman.

























Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul "Ukuran Uang Rupiah Kok Makin Kecil Tergantung Nominal? Ini Penjelasan BI"