Hagia Sophia

03 July 2023

Mengenal Penyakit Step Seperti yang Dialami Anak Natalie Holscher

Nathalie Holscher dan anaknya. (Foto: Instagram: @nathalieholscher)

Hal tidak mengenakkan baru-baru ini menimpa aktris sekaligus pembawa acara Natalie Holscher. Putranya, Adzam Adriansyah Sutisna, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami step.

Melihat kondisi anaknya yang terbaring di rumah sakit, Natalie tak kuasa menahan isak air matanya. Adapun kondisi Adzam itu ia bagikan melalui unggahannya di Instagram.

"Ini pengalaman pertama liat anak step liat anak tiba-tiba gak fokus mata ke atas mulut berbusa apalagi ini adalah anak pertama aku,"Tulis Nathalie Holscher dilihat dalam unggahannya, Minggu (2/7/2023).

"Ya Allah cepet sembuh ya Nak... Hancur hati bunda tadi lihat Adzam begitu. Bunda janji bunda akan jadi ibu yang terbaik buat Adzam," sambungnya.

Apa Itu Step?

Spesialis neurologi, dr Irawati Hawari, SpN, menjelaskan step adalah kondisi kejang yang bisa menyerang anak pada usia 6 bulan sampai 5 tahun. Step menyerang anak yang mengalami demam, sehingga penyakit ini dikenal juga dengan sebutan kejang demam.

"Karena namanya kejang demam, jadi terjadinya kejang akibat suhu yang tinggi," ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (2/7).

Lebih lanjut, ia mengatakan demam yang dapat memicu step ketika suhunya berada di atas 38 derajat. Namun, step hanya terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun saja.

"Di atas 5 tahun bukan step lagi namanya. Jadi peningkatan suhu yang tinggi di atas 38 derajat, itu yang kita sebut kejang demam. Jadi dia kena infeksi bakteri virus jadi kan demam tinggi, demam tinggi di atas 38, itu namanya kejang demam atau step," urainya.

Selain demam tinggi, dr Irawati menjelaskan step juga ditandai oleh beberapa gejala lain. Misalnya, muntah, mulut berbusa, mata berputar ke atas, serta gerakan mengentak-entak yang tidak terkendali.

dr Irawati mengingatkan dalam menangani step, hal paling penting yang harus dilakukan orang tua adalah menenangkan diri.

"Kadang kan orang tua panik, jadi ketika menghadapi anak yang kejang, nomor satu harus tenang dulu," imbuhnya.

Setelahnya, untuk mencegah anak tersedak, orang tua perlu memiringkan tubuh anak agar muntah atau busa yang keluar dari mulutnya tidak tertelan.

"Posisinya, takutnya ada muntah dan sebagainya, jadi harus dimiringin badan anaknya," sambungnya.

Ia juga mewanti-wanti para orang tua agar tidak memberikan anak minum air putih atau memasukkan benda lain ke dalam mulutnya saat anak mengalami kejang demam.

"Jangan masukin apapun ke dalam mulutnya. Ini sering banget nih. Nggak perlu dimasukin apapun ke dalam mulutnya. Nanti tersedak malah berbahaya, malah fatal akibatnya," tandasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Penyakit Step, Dialami Anak Natalie Holscher Sampai Dilarikan ke RS"