Hagia Sophia

09 February 2023

Tentang Cukai untuk Minuman Berpemanis, Menkes Sudah Minta ke Kemenkeu

Wacana cukai minuman berpemanis, ini kata Menkes. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Theerawan Bangpran)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya sudah bersurat ke Kementerian Keuangan soal cukai minuman berpemanis, seiring dengan tren kasus diabetes semakin meningkat. Kemenkes RI juga mendorong agar para pedagang memproduksi pangan dengan kadar gula jauh lebih rendah.

"Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan (MBD) diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa konsumsi MBDK harus dibatasi. Mendorong para pengusaha untuk menciptakan produk MBDK dengan kandungan yang lebih rendah gula/lebih sehat," demikian paparan Menkes dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (8/2/2023).

"Surat ke Kemenkeu, usulan pengenaan cukai MBDK," lanjutnya.

Seperti diketahui, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebelumnya menyoroti lonjakan kasus drastis diabetes anak hingga 70 kali lipat. Data surveilans dari UKK IDAI mencatat setiap anak yang diabetes dilaporkan setiap tahun. Melonjak dari 0,028 per 100 ribu di 2010, menjadi 2 per 100 ribu per 2023.

"Meningkat 70 kali lipat dan kebanyakan anak datang dalam keadaan berat, diabetic ketoacidosis (DKA) itu adalah komplikasi berat, koma, nggak sadar, sesak, sekaligus mengancam jiwa," terang Muhammad Faizi UKK Endokrinologi Anak dan Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"63-71 persen anak diabetes melitus tipe 1 datang dalam keadaan berat," sambungnya.

Masalahnya, menurut Faizi banyak pasien tidak mengetahui mengidap diabetes melitus sehingga kebanyakan kasus under diagnosis. Per 2023, ada 1.645 pasien anak dan remaja, 59,3 persen di antaranya adalah perempuan. Usia terbanyak berada di 5 hingga 9 tahun.

"Jadi itu dari Medan, Padang, Palembang, center-center yang melaporkan. Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, Makassar, Denpasar, Manado," sambung dia.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Sudah Bersurat ke Kemenkeu soal Tetapkan Cukai Minuman Berpemanis"