Hagia Sophia

09 February 2023

Tips Ampuh Supaya Terlihat Lebih Muda, Childfree?

Foto: Dok. iStock

Ungkapan selebgram Gitasav yang menyebut childfree atau keputusan tidak memiliki anak bikin awet muda memicu beragam komentar di media sosial. Ada yang sependapat tapi banyak juga yang tidak setuju dengan anggapan tersebut.

Gita Savitri dalam salah satu komentar di unggahan Instagramnya mengatakan childfree menjadi cara anti-aging alami dan membuatnya tampak lebih muda di usia 30an. Bagi Gita, tidak memiliki anak menjadi cara melawan penuaan alami karena ia bisa tidur dengan nyenyak selama delapan jam.

Faktanya, kita tidak dapat menghentikan penuaan, tetapi kita memiliki kendali atas seberapa tua penampilan kulit. Sains telah mengidentifikasi sejumlah strategi untuk menjaga kulit tampak muda.

Berikut cara yang terbukti bisa membuat seseorang tampak lebih muda:

1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Meminimalkan paparan sinar matahari sangat penting jika ingin kulit tampak lebih muda dalam jangka panjang. Radiasi UVA matahari menembus jauh ke dalam kulit yang merusak kolagen (protein yang memberi struktur kulit) dan mengacaukan cara kulit membangun kembali dirinya sendiri.

Seiring waktu, paparan sinar matahari langsung menyebabkan kulit keriput dan kasar. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan bintik-bintik yang mengganggu.

2. Jangan merokok

The Mayo Clinic menjelaskan bahwa nikotin dalam rokok menyempitkan pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah ke kulit. Ini berarti kulit tidak mendapatkan banyak oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkannya agar terlihat sehat.

Banyak bahan kimia dalam asap rokok juga secara langsung merusak kolagen dan elastin, dua protein yang menopang struktur kulit. Terakhir, merokok biasanya melibatkan ekspresi wajah berulang kali, seperti mengerucutkan bibir, yang dapat mempercepat kerutan.

3. Makan banyak buah dan sayur!

Menurut AAD, makanan tinggi gula tambahan dapat merusak elastin dan kolagen, yang dapat menyebabkan keriput dan kulit kendur. Mengonsumsi lemak trans dan jenuh berlebih juga bisa membuat kulit terlihat lebih tua.

Di sisi lain, pola makan sehat dengan banyak makanan nabati dan lemak sehat memasok nutrisi yang dibutuhkan untuk penuaan kulit yang sehat, menurut ahli diet Wendy Bazilian. Satu studi bahkan menemukan bahwa diet tinggi karotenoid, senyawa yang berlimpah dalam kangkung, wortel, dan banyak lagi, bisa memicu peremajaan kulit.

4. Pakai retinoid

Retinoid dianggap sebagai standar emas anti-penuaan. Mereka pertama kali dikembangkan untuk mengobati jerawat, tetapi dokter memperhatikan bahwa mereka juga memperbaiki penampilan keriput dan bintik-bintik coklat, dan akhirnya retinoid mendapat persetujuan FDA sebagai bahan anti penuaan.

Secara umum, retinoid merupakan turunan vitamin A yang bekerja dengan cara meningkatkan kolagen dan mempercepat pergantian sel kulit.

5. Tidur yang cukup

Beberapa penelitian kecil telah melihat hubungan antara kurang tidur dan penuaan kulit. Mereka telah menemukan bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang terlihat lebih tua dan kurang sehat, dan dapat mempersulit kulit untuk pulih dari kerusakan dan iritasi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Ini Terbukti Bisa Bikin Awet Muda, Termasuk Childfree?"