Hagia Sophia

06 September 2023

Asam Lambung Naik Bisa Diredakan dengan Miliki Pasangan, Benarkah?

Ilustrasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Penyakit asam lambung bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari konsumsi makanan tertentu sampai kondisi psikis. Asam lambung naik juga bisa dipicu karena stres.

Belakangan viral di media sosial yang menyebut asam lambung yang naik karena stres bisa diredakan dengan punya pasangan atau pendamping hidup. Benarkah demikian?

Spesialis penyakit dalam dan Chairman JDN Indonesia dr Andi Khomeini Takdir, SpPD, menerangkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara apa yang manusia pikirkan dengan bagaimana tubuh berfungsi dan merespon. Walhasil, stres menjadi salah satu penyebab asam lambung.

"Memang ada hubungan yang erat antara apa yang kita pikirkan, apa yang manusia rasakan dengan bagaimana badan kita itu berfungsi dan merespon. Salah satu yang paling erat hubungannya itu otak sama usus dan lambung," jelas dokter yang akrab disapa dr Koko kepada detikcom, Selasa (5/9/2023).

dr Koko menjelaskan bahwa fenomena ini disebut sebagai Brain Gut Axis, yakni hubungan otak dengan saluran cerna yang memiliki banyak simpul saraf.

Memendam emosi atau stres yang berkepanjangan dapat memperparah produksi asam lambung atau membuat lambung lebih sensitif terhadap asam yang bisa memicu mag atau GERD.

Meskipun tidak bisa dijadikan satu-satunya solusi, dr Koko menjelaskan bahwa mendapatkan dukungan mental dari bercurhat atau memiliki seseorang sebagai tempat untuk bercerita bisa meredakan asam lambung dengan membantu meredakan stres yang dialami.

"Bisa. Meskipun nggak bisa jadi (acuan) karena penyebabnya kan ada banyak ya. Dan kemudian nanti tergantung sama siapa dia cerita, apakah orangnya memang terpercaya atau nanti malah ceritain ke mana-mana. Nanti nggak selesai-selesai, malah nambah parah," ungkapnya.

Lebih lanjut, dr Koko tetap mengingatkan penanganan medis terkait asam lambung tetap menjadi modalitas utama dan diperlukan jika terjadi kelainan yang signifikan pada tubuh.

"Jadikan itu suatu modalitas, jadi memang sesuai kebutuhan. Mungkin teman cukup. Mungkin kalau ada kelainan organik, struktural yang signifikan, dia perlu ke dokter dan diberikan obat sesuai yang diperlukan," tandasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Stres Picu Asam Lambung Naik, Punya Pasangan Bisa Jadi 'Obat'? Ini Kata Dokter"