Hagia Sophia

06 September 2023

Mengenal Pesawat Air Force Two yang Bawa Wapres AS ke Indonesia

Wapres AS Kamala Harris ketika mendarat di Jakarta. Foto: AP/Achmad Ibrahim

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Senin (05/06) untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Dalam perjalanannya, Kamala Harris menggunakan pesawat khusus Wakil Presiden AS dengan kode 'Air Force Two'.

Selain Air Force One yang terkenal sebagai pesawat pengangkut Presiden AS, Air Force Two merupakan kode panggil yang digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk pesawat yang digunakan oleh Wakil Presiden AS dalam setiap perjalanannya.

Ada beberapa pejabat yang dapat menggunakan kode panggil ini ketika menumpangi pesawat untuk perjalanan dinasnya. Di antaranya adalah Wakil Presiden AS, Ibu Negara AS dan anggota kabinet serta kongres AS, seperti dilansir detikINET dari laman resmi Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pesawat ini terpantau berada dalam foto unggahan terakhir di Instagram resmi Wakil Presiden AS @vp yang berlatar Air Force Two di Indonesia.

"Saya menantikan untuk menghadiri serangkaian pertemuan di Indonesia dengan mitra kami di seluruh Indo-Pacific," tulis Kamala dalam unggahannya tersebut.

Kecanggihan Air Force Two

Air Force Two yang digunakan saat ini memiliki basis pesawat Boeing 757-200 yang mendapat modifikasi khusus guna menyediakan transportasi bagi Angkatan Udara AS dan dinamai sebagai C-32. Dalam varian yang lebih detail sebagai pesawat Wakil Presiden AS, penamaan pesawat tersebut menjadi C-32A.

Pesawat ini ditenagai oleh dua mesin jet Pratt and Whitney 2040 yang membuat Air Force Two dapat mencapai kecepatan jelajah 537 mil/jam. Dengan rentang sayap 47,3 meter dan panjang badan 37,9 meter, pesawat ini dapat mengangkut 16 kru beserta 45 penumpang VIP.

Air Force Two Foto: Wikipedia

Dalam konfigurasi C-32A sebagai Air Force Two, pesawat dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama merupakan ruang komunikasi dengan 10 kursi penumpang bisnis, bagian kedua merupakan ruang khusus bagi Wakil Presiden beserta pejabat negara, bagian ketiga merupakan ruang rapat dan kantor staf serta bagian terakhir merupakan bagian kursi penumpang Non-VIP berjumlah 32 kursi.

Pesawat ini juga dilengkapi sistem keamanan canggih untuk alasan keamanan Wakil Presiden AS. Beberapa fitur keamanan ini tidak disebutkan secara spesifik oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pengoperasian Oleh Angkatan Udara AS

Dalam dinas angkut Angkatan Udara AS, pesawat ini dioperasikan oleh Skadron Angkut Wing Ke-89 Angkatan Udara AS yang bermarkas di Pangkalan Andrews, Maryland.

C-32A sudah beroperasi sebagai Air Force Two sejak Juni 1998 hingga hari ini. Di bawah kendali Angkatan Udara AS, saat ini tercatat ada 4 C-32A yang dapat digunakan oleh Wakil Presiden AS, Ibu Negara AS maupun anggota kongres AS.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kecanggihan Boeing C-32A Air Force Two yang Bawa Wapres AS ke RI"