Hagia Sophia

06 September 2023

Tips untuk Hilangkan Gigi Kuning yang Membandel

Foto: Marek Studzinski/Unsplash

Gigi kuning merupakan masalah bagi sebagian orang yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup, seperti kebiasaan minum kopi dan merokok.

Anda dapat menghilangkan gigi kuning dengan perawatan di dokter. Akan tetapi, pergi ke dokter gigi membutuhkan biaya yang mahal dan produknya banyak mengandung bahan kimia.

Lalu, adakah cara untuk menghilangkan gigi kuning secara alami dan murah? Dalam tulisan kali ini akan dibahas cara menghilangkan gigi kuning dengan menggunakan bahan-bahan alami. Simak sampai akhir, ya!

Bahan Alami untuk Menghilangkan Gigi Kuning

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah bahan-bahan alami untuk memutihkan gigi kuning yang bisa Anda temukan di dapur.

1. Hidrogen Peroksida
Hidrogen peroksida banyak digunakan dalam produk pemutih gigi. Anda bisa membeli hidrogen peroksida di apotek dengan persentase kurang lebih tiga persen. Hidrogen peroksida konsentrasi tinggi dapat merusak gigi.

Dikutip dari laman Play a Family Dentistry, ada dua cara untuk menghilangkan gigi kuning dengan hidrogen peroksida.

Yaitu dengan mencampur hidrogen peroksida dan air lalu dikumur atau mengoleskan campuran soda dan hidrogen peroksida ke gigi. Perlu diingat bahwa campuran tersebut jangan sampai tertelan.

2. Soda Kue
Dilansir dari The Health Site, soda kue bisa menghilangkan gigi kuning karena sifatnya abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda dari permukaan gigi. Soda kue juga sering digunakan sebagai bahan pembersih alat-alat dapur.

Untuk menghilangkan gigi kuning dengan soda kue, Anda bisa menambahkan soda kue pada pasta gigi sebagai rutinitas kebersihan mulut.

Anda juga bisa menambahkan hidrogen peroksida untuk mendapat senyum yang lebih cerah. Jangan lupa untuk membilas bahan tersebut secara menyeluruh agar tidak tersisa di mulut.

3. Cuka Apel
Cuka apel banyak digunakan sebagai obat penyembuhan. Cuka apel bisa menjadi antibiotik alami untuk mulut.

Cuka apel dapat membersihkan gigi, gusi, serta menghilangkan noda. Asam cuka apel dapat menghilangkan noda pada gigi sekaligus membantu memutihkan gigi secara alami.

Untuk menghilangkan gigi kuning dengan cuka apel, Anda perlu menyiapkan satu hingga dua sendok teh cuka apel. Gosokkan cuka apel pada gigi dengan jari selama satu hingga dua menit lalu bilas hingga bersih dengan air.

Anda perlu konsisten mengulang proses tersebut selama satu bulan.

4. Arang
Arang telah banyak digunakan dalam industri kecantikan dari beberapa dekade lalu. Masker, scrub, pembersih, dan pasta gigi arang (charcoal) menjadi produk yang populer.

Arang yang digunakan untuk menghilangkan gigi kuning bukan arang yang digunakan untuk membakar makanan tetapi 'arang aktif'. Tambahkan arang aktif pada pasta gigi Anda dan sikat gigi selama kurang lebih tiga menit. Tekstur arang akan terasa aneh di awal.

5. Garam
Garam mengandung banyak elemen dan mineral penting seperti zat besi dan kalsium magnesium yang membuatnya bisa menjadi bahan untuk menghilangkan gigi kuning.

Untuk memanfaatkan garam menjadi bahan untuk menghilangkan gigi kuning, campurkan setengah sendok teh garam dan perasan lemon dengan sedikit pasta gigi dalam mangkuk. Lalu, oleskan campuran tersebut ke gigi Anda selama satu menit dan bilas mulut secara menyeluruh.

6. Minyak Kelapa
Minyak kelapa biasa digunakan dalam pengobatan tradisional dan produk kecantikan. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan yang mampu menjaga kebersihan mulut dan memutihkan gigi.

Untuk memanfaatkan minyak kelapa menjadi bahan untuk menghilangkan gigi kuning, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur. Campurkan satu sendok makan minyak dengan air dan kumur selama 15-20 menit.

7. Kunyit
Kunyit dikenal memiliki banyak manfaat alami sebagai rempah-rempah. Akan tetapi, kunyit bisa digunakan menjadi pemutih gigi secara alami. Kunyit dapat membersihkan gigi dengan menghilangkan noda pada gigi.

Anda dapat mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa untuk dioleskan pada gigi. Anda juga dapat mengunyah akar kunyit, tetapi metode paling umum adalah dengan mencampurkan kunyit, soda kue, dan minyak kelapa untuk dioleskan pada gigi.

8. Jahe
Kandungan antibakteri dalam jahe dapat meredakan berbagai penyakit. Anda dapat berkumur dengan campuran garam dan air jahe untuk membantu memutihkan gigi secara alami sekaligus menjaga kesehatan gusi.

Untuk menggunakan jahe sebagai bahan menghilangkan gigi kuning, anda juga dapat menyikat gigi dengan campuran garam, jeruk, dan jahe yang sudah dihaluskan. Perlu diingat untuk mendapat hasil yang diinginkan, Anda perlu melakukan cara ini secara konsisten.

9. Susu Bubuk
Produk susu dapat meningkatkan kesehatan gigi karena kandungan kalsium dan fosfor yang mendorong remineralisasi email gigi. Anda dapat menambahkan lebih banyak prosuk susu ke dalam makanan Anda.

Anda juga dapat menyikat gigi dengan campuran bubuk susu dan pasta gigi untuk menghilangkan gigi kuning. Anda hanya perlu menambahkan sedikit bubuk susu pada rutinitas menggosok gigi.

10. Batang Siwak
Batang siwak digunakan sebagai sikat gigi oleh masyarakat zaman dulu. Batang siwak masih digunakan sebagai sikat gigi oleh masyarakat Timur dan Afrika. Batang siwak mengandung fluoride, vitamin C, dan silikon alami.

Batang siwak akan membunuh bakteri penyebab karang gigi dan dapat memutihkan gigi secara alami. Tidak ada cara khusus untuk menggunakan batang siwak sebagai pemutih gigi. Anda bisa langsung menggunakannya sebagai sikat gigi.

11. Lemon
Campuran lemon dan air akan membantu menghilangkan gigi kuning sekaligus mendisinfeksi rongga mulut Anda. Anda dapat mencampurkan satu sendok teh air dengan satu sendok teh lemon.

Kemudian, sikat gigi Anda secara menyeluruh dengan kombinasi bahan tersebut, lalu bilas. Selain itu, Anda bisa menambahkan bahan tersebut ke pasta gigi. Tidak perlu sering-sering, hanya perlu melakukan ini seminggu sekali.

12. Kulit Pisang
Validitas dari penggunaan bahan kulit pisang sebagai bahan penghilang gigi kuning masih dipertanyakan. Kulit pisang dapat menghilangkan noda pada gigi, tetapi untuk memutihkan masih berdasarkan bukti anekdotal.

American Dental Association tidak menyatakan kulit pisang sebagai bahan tepat untuk memutihkan gigi, tetapi mereka juga tidak mengatakan bahwa kulit pisang tidak bisa memutihkan gigi.

13. Stroberi
Stroberi mengandung enzim asam malat yang dapat memutihkan gigi. Hal ini membuat stroberi dipercaya dapat menghilangkan gigi kuning tanpa bahan kimia atau perawatan gigi yang mahal.

Anda perlu menghaluskan satu buah stroberi dan mencampurkannya dengan setengah sendok teh soda kue. Setelah diaduk dengan rata, celupkan sikat gigi Anda dengan campuran tersebut dan biarkan campuran tersebut selama lima menit sebelum membilasnya.

14. Apel
Apel tidak hanya mengandung vitamin dan nutrisi yang membantu menjaga kesehatan, tetapi juga dapat membantu Anda menjaga gigi tetap putih dan cerah.

Anda hanya perlu mengunyah dan memakan apel secara biasa karena gerakan tersebut telah menggosok gigi Anda. Apel mengandung asam malat yang merupakan zat pemutih alami dan sering digunakan dalam pasta gigi.

15. Nanas
Selain menjadi jus yang enak, nanas dapat menjadi bahan untuk memutihkan gigi. Nanas mengandung enzim disebut bromelain yang dapat menghilangkan plak di permukaan gigi dan juga menghilangkan noda secara alami.

Taburkan sedikit garam pada nanas dan makan nanas tersebut. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mencapai gigi yang sehat dan putih.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "15 Cara Menghilangkan Gigi Kuning Membandel Secara Alami"