Hagia Sophia

16 October 2023

Idap Demensia Frontotemporal, Kondisi Bruce Willis Semakin Parah

Bruce Willis (Foto: Charles Sykes/Invision/AP/Charles Sykes)

Sahabat Bruce Willis, Glenn Caron menceritakan keadaan aktor 68 tahun setelah didiagnosis demensia frontotemporal (FTD). Kreator serial Moonlighting yang juga dibintangi Willis pada dekade '80-an itu menyebut kondisi aktor itu sudah jauh berbeda dari dulu, meski ia yakin Willis masih mengenalinya.

Keduanya sampai saat ini masih berteman sangat baik, bahkan Caron sendiri menemui Willis setidaknya sebulan sekali.

"Menurut saya di menit pertama hingga ketiga, dia tahu saya," kata Caron.

"Dia tidak sepenuhnya bisa verbal, dia dulunya adalah seorang yang rakus membaca dia tidak ingin siapa pun mengetahuinya dan dia tidak membaca sekarang. Semua keterampilan bahasa itu tidak lagi tersedia baginya, namun dia tetaplah Bruce," imbuhnya lagi.

Dalam perbincangan tersebut, Caron mengatakan Willis ikut berbahagia karena serial televisi rilisan 1985 itu kini dapat disaksikan melalui layanan streaming Hulu sejak pekan lalu.

Caron bercerita, proses kesepakatan untuk penayangan serial tersebut cukup memakan waktu lama, di saat kondisi penyakit Willis yang kini semakin parah.

Namun, saat Willis masih mampu berkomunikasi dua arah, Caron mengungkap bahwa aktor itu kerap membahas harapannya agar Moonlighting bisa kembali dihadirkan di hadapan penonton.

"Ketika saya berkesempatan berbicara dengannya, kami berdiskusi tentang hal ini, dan saya tahu ia merasa gembira," cerita Caron. "Saya tahu ini amat berarti bagi Bruce,"

"Saya berusaha keras untuk tetap ada dalam hidupnya. Ia adalah sosok yang luar biasa. Hal yang membuat penyakitnya sangat terlihat menghancurkan adalah jika Anda pernah berada bersamanya," sambungnya lagi.

Sebelumnya, pihak keluarga Willis melalui pernyataan resmi mengabarkan Bruce Willis didiagnosis mengidap demensia frontotemporal.

"Sejak kami mengumumkan diagnosis afasia Bruce pada musim semi 2022, kondisi Bruce berkembang dan kami sekarang memiliki diagnosis lebih spesifik: demensia frontotemporal (FTD)," tulis pihak keluarga,dikutip Variety, Jumat (17/2).

Kabar itu juga disampaikan oleh Rumer Willis, putri pertama Bruce Willis, di media sosial sambil mengunggah foto sang ayah. Dalam unggahan itu, ia juga menyampaikan terima kasih pada semua orang yang terus mendukung ayahnya.

Demensia frontotemporal (FTD) mengacu pada sekelompok gangguan yang disebabkan oleh hilangnya sel saraf secara progresif dilobus frontal otak (area di belakang dahi) ataulobus temporal (area di belakang telinga). Dikutip dari Alzheimer's Association, kondisi ini merupakan jenis demensia yang tak umum, menyebabkan masalah dengan perilaku dan bahasa.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Idap Demensia, Kondisi Bruce Willis Memburuk dan Tak Bisa Komunikasi"